Panwascam Terpilih Terindikasi Anggota Parpol Dilantik Hari Ini

Bawaslu Banyuwangi/RMOLJatim
Bawaslu Banyuwangi/RMOLJatim

Meski terindikasi sebagai anggota partai politik, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan atau Panwascam akan dilantik Bawaslu Banyuwangi hari ini, Kamis (27/10).


Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hamim mengungkapkan, pelantikan 75 anggota panwascam tetap akan dilakukan. Meskipun adanya temuan NIK panwascam terpilih tercatat sebagai anggota partai politik (parpol) melalui laman infopemilu.kpu.go.id.

Bila terbukti sebagai anggota partai politik, Bawaslu Banyuwangi akan melakukan klarifikasi hingga sanksi terhadap yang bersangkutan setelah dilantik.

“Itu (sanksi) bisa dilakukan setelah terlantik,” ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (27/10).

Terlebih, lanjutnya, setiap pendaftar Panwascam juga telah dimintai surat pernyataan yang memuat bahwa tidak menjadi anggota partai politik manapun.

Namun, diketahui sebelum menyerahkan berkas pendaftaran setiap peserta dimintai nomor NIK untuk dicek apakah terdaftar sebagai anggota parpol. Bila tidak, maka boleh menyerahkan berkas persyaratan calon anggota panwascam.

Diduga, Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kecamatan (Panwascam) tidak mengikuti petunjuk teknis yang telah ditetapkan dalam tahapan rekrutmen.

“Semantara mohon maaf, sampai saat sekarang itu belum ada tanggapan masyarakat,” kilahnya.

Untuk panwascam terpilih asal Kecamatan Singojuruh, AWA, tambahnya, sudah ada tanggapan dari masyarakat dan sudah dilakukan klarifikasi. “Ada juga hasil klarifikasi KPU Kabupaten Banyuwangi, dia tidak masuk keanggotaan partai politik,” sebut Hamim.

Kendati demikian, panwascam terpilih asal Kecamatan Kalipuro, HS, hingga pukul 9.30 WIB atau sekitar 3 jam sebelum pelantikan 75 panwascam terpilih, melalui laman info pemilu KPU, namanya masih tercatat sebagai anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP.

Sebagai informasi, pelantikan 75 Panwascam Pemilu 2024 untuk Kabupaten Banyuwangi akan dilangsungkan di Hotel Aston siang ini (27/10) sekitar pukul 12.00 WIB.

Dua orang panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Banyuwangi yang terpilih pada Rabu (26/10) terindikasi sebagai anggota partai politik.