Uni Humaira, Siswi SMKN 2 Ponorogo Wakili Jatim Ajang LKS Nasional 2022

Kamis (27/10/2022), Uni Humaira terlihat serius. Tangannya dengan cekatan membuat adonan coklat yang bakal dibentuk menjadi Riding Mandalika Chocolate showpiece di ruang dapur SMKN 2 Ponorogo.


Uni Humaira telah tiga hari ini menghadapi penilaian juri Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional. Dia merupakan wakil Jawa timur untuk bidang kue pastri dan confecteonery.

Sebelumnya, Uni Humaira telah menyisihkan 14 siswa tingkat Jawa Timur. Untuk menghadapi lomba skala nasional itu Uni Humaira sudah berlatih. Tidak hanya 1 atau 2 bulan saja. Dia bahkan berlatih sejak 9 bulan lalu.

“Saya belajar membuat sugar showpiece tekniknya banyak menggunakan gula khusus tidak sembarangan,” kata Uni Humaira dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dalam 9 bulan dia berlatih, mencoba berkali-kali hingga mendapatkan bentuk yang pas. Ada filosofi yang terkandung di setiap karya buatan oleh Uni Humaira.

“Semoga mendapatkan yang terbaik. Kemarin bisa dari kabupaten ke provinsi. Sekarang saingannya nasional,” jelas Uni Humaira.

Sementara Kepala SMKN 2 Ponorogo, Farida Hanim Handayani mengatakan bahwa Uni Hanim telah berjuang selama 3 hari ini. Dia mempersembahkan berbagai macam coklat, cake dan lain-lain.

“Buatnya sesuai dengan tema yang ditentukan. Temanya tentang moto gp sirkuit mandalika,” kata Farida.

Menurutnya, segala persiapan telah dilakukan oleh sekolah. Termasuk mengirim Uni Hanim untuk melihat pembuatan dan berlatih di industri besar.

“Kami berharap yang terbaik untuk siswa kami. Setelah mampu lolos Jatim, semoga lolos nasional,” pungkasnya

Untuk sekedar diketahui selama 3 hari, siswa berusia 17 tahun itu mampu membuat tantangan juri. Hari pertama membuat Celebration kopi lombok cake, Rider gp mandalika figurne.

Hari kedua membuat Passion diplomat Choux, Fruity chocolate and coconut harmony in season dessert dan The art of mandalika toursm sport sugar showpiece.

Hari ketiga membuat Blast beries praline, Sweet green tea and assored nur praline dan Riding mandalika chocolate showpiece.