Unilever Tarik 19 Sampo Diduga Mengandung Senyawa Penyebab Kanker, Ini Daftarnya

Gedung Kantor Unilever/Net
Gedung Kantor Unilever/Net

Unilever menarik peredaran dua merek sampo terkenal di Indonesia. Penarikan dilakukan karena diduga mengandung senyawa benzena yang menyebabkan kanker.


Penarikan produk dilakukan Univeler Amerika terhadap beberapa produk aerosol dan sampo yang diproduksi sebelum Oktober 2021.

Disebutkan, alasan penarikan terhadap 19 produk itu dilakukan setelah ada indikasi potensi peningkatan kadar benzena pada produk-produk itu.

Di antara 19 produk Unilever yang ditarik itu ada yang beredar di Indonesia, bahkan mereknya terkenal. Yakni, shampo Dove dan TREsemme. Juga ada roduk Nexxus, Suave dan TIGI (Rockaholic and Bed Head).

Dari hasil evaluasi didapat jika paparan benzena dalam produk yang ditarik, terdeteksi dalam pengujian diperkirakan tidak akan menyebabkan konsekuensi kesehatan yang merugikan.

Pihak Univeler belum pernah menerima laporang tentang efek negatif penggunaan produk itu. Namun, Unilever Amerika memutuskan tetap menarik produk-produk itu sebagai bentuk kehati-hatian.

Benzena sendiri diklasifikasikan sebagai bahan yang bersifat karsinogen manusia. Paparan benzena dapat terjadi melalui inhalasi, oral, serta melalui kulit.

Zat ini dapat mengakibatkan kanker, termasuk leukemia dan kanker darah sumsum tulang serta gangguan darah yang dapat mengancam jiwa.

Berikut daftar produk Unilever yang ditarik berdasarkan rilis dari U.S. Food and Drug Administration sebagaimana diberitakan Kantor Berita RMOLLampung.

1. Dove Dry Shampoo Volume and Fullness

2. Dove Dry Shampoo Fresh Coconut

3. Dove Dry Shampoo Fresh and Floral

4. Dove Dry Shampoo Ultra Clean

5. Dove Dry Shampoo Invisible

6. Dove Dry Shampoo Detox and Purify

7. Dove Dry Shampoo Clarifying Charcoal

8. Dove Dry Shampoo Go Active

9. Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist

10. Nexxus Inergy Foam Shampoo

11. Suave Dry Shampoo Hair Refresher

12. Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive

13. Tresemme Dry Shampoo Volumizing

14. Tresemme Dry Shampoo Fresh and Clean

15. Tresemme Pro Pure Dry Shampoo

16. Bed Head Dirty Secret Dry Shampoo

17. Bed Head Oh Bee Hive Dry Shampoo

18.Bed Head Oh Bee Hive Volumizing Dry Shampoo

19. Bed Head Rockaholic Dirty Secret Dry Shampoo.