Hari Sumpah Pemuda, Bupati Tuban Ajak Pemuda Bersatu Membangun Bangsa

Bupati Tuban Aditya  Halindra Faridzky Saat Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky Saat Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94

Pemkab Tuban menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 di Alun-alun Tuban, Jumat (28/10/2022). Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., bertindak sebagai Inspektur Upacara yang dihadiri Forkopimda Tuban, Sekda Tuban, Budi Wiyana, dan pimpinan OPD serta diikuti organisasi kepemudaan, mahasiswa, hingga pelajar.


Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi momentum untuk meneguhkan kembali semangat kebhinekaan pada jati diri generasi penerus Kabupaten Tuban. Persatuan dan kesatuan menjadi modal berharga pembangunan. 

"Ini selaras dengan tema Hari Sumpah Pemuda ke-94 yaitu Bersatu Bangun Bangsa," serunya dikutip Kantor Berita RMOLjatim, Jum,at (28/10)

Bupati Lindra menekankan bahwa bullying atau persekusi yang acap terjadi di kalangan pemuda harus dihentikan karena tidak membawa manfaat. Sebaliknya, pemuda harus mengoptimalkan kemampuannya untuk berkarya, berlomba-lomba meraih prestasi tertinggi.

"Hal ini sebagai pengejawantahan makna Sumpah Pemuda sekaligus bentuk penghormatan atas pengorbanan para pendahulu bangsa," ungkapnya.

 Lebih lanjut, pemuda saat ini memiliki andil besar dalam pembangunan bangsa Indonesia. Mas Lindra menegaskan pemuda menjadi kekuatan utama roda penggerak kemajuan. Tongkat estafet pembangunan yang diserahkan generasi sebelumnya harus dijawab dengan karya nyata. Tidak terkecuali di Kabupaten Tuban, generasi muda mampu menjawab tantangan tersebut dengan mengharumkan nama tanah kelahirannya di tingkat regional hingga nasional. 

Putra putri Kabupaten Tuban menorehkan prestasi yang membanggakan, diantaranya raihan medali 70 medali, rinciannya 16 emas, 21 perak, dan 33 perunggu dengan total poin 139 pada Porprov ke-VIII Jatim. Tidak ketinggalan, kafilah Kabupaten Tuban menyabet juara pertama di dua cabang lomba dan prestasi cabang lainnya pada gelaran MTQ Nasional beberapa waktu lalu.

 Raihan prestasi tersebut, lanjut Mas Lindra, harus menjadi motivasi untuk terus berkarya memberikan sumbangsih terbaik bagi bangsa. Prestasi tersebut hendaknya ditularkan kepada juniornya sehingga prestasi yang diraih Kabupaten Tuban dapat berkesinambungan.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada orang tua dan semua pihak yang mendukung pengembangan potensi generasi muda Kabupaten Tuban," tuturnya.

 Hari Sumpah Pemuda juga membawa makna tersendiri bagi Ricky Rahardian Subagyo, siswa SMAN 1 Tuban. Menurutnya, Sumpah Pemuda adalah momen untuk mengenang perjuangan pemuda terdahulu. Selanjutnya, pemuda harus memiliki niat dan tekad yang kuat dalam membangun bangsa.

"Karena kita akan menjadi pemimpin di masa depan," ujarnya.

 Ricky Rahardian merupakan anggota Paskibraka Kabupaten Tuban tahun 2022 mengatakan sumbangsih yang dapat diberikan pelajar dengan belajar dengan sungguh-sungguh dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif dan berprestasi.

"Kedepannya, saya akan berkontribusi bagi bangsa dengan lebih baik lagi," tandasnya. 


ikuti update rmoljatim di google news