Kantor Imigrasi Madiun Sosialisasi Penerbitan Paspor Bagi Pekerja Migran Indonesia

Kakanim Kelas II Non-TPI Madiun Andro Eka Putra/RMOLJatim
Kakanim Kelas II Non-TPI Madiun Andro Eka Putra/RMOLJatim

Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Madiun mengadakan sosialisasi penerbitan paspor dan perlindungan bagi pekerja migran indonesia di Madiun Zoo yang dulunya bernama Umbul Madiun square pada Kamis (27/10).


"Konsepnya adalah kita melihat banyaknya pekerja migran Indonesia mengalami masalah. Selama ini kita kan fokusnya lebih ke arah represif dan juga pemahamannya kita lebih ke sosial media, masyarakat kayaknya belum memahami secara menyeluruh. Apalagi masyarakat di Kabupaten Madiun ini wilayahnya ada yang jauh dari kantor imigrasi. Serta tidak sedikit masyarakat yang memiliki akses ke IT," kata Kakanim Kelas II Non-TPI Madiun Andro Eka Putra kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Intinya lanjut Andro, masyarakat tidak perlu lagi jauh jauh ke kantor imgrasi untuk menanyakan informasi karena cukup dengan pergi ke kantor Desa Dolopo Madiun.

"Intinya sih informasi apa yang kita punya masyarakat tidak perlu lagi jauh jauh ke kantor imigrasi untuk menanyakannya, cukup ke kantor desa Dolopo. Meskipun kita tidak ada di situ tapi kita punya jalur nara hubung melalui aplikasi whatsapp," tambahnya.

Sekedar diketahui, dipilihnya Desa Dolopo sebagai desa binaan karena di desa tersebut banyak warganya yang bekerja sebagai pekerja migran. Dalam sosialisasi itu disampaikan kepala desa dan perangkatnya bisa memberikan pemahaman tentang keimigrasian, khususnya terkait penerbitan paspor bagi pekerja migran Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri.