Jalin Kesepakatan dengan Pemkab Bondowoso, Bulog Gandeng UMKM Bangkitkan Perekonomian

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat pantau produk Bulog/RMOLJatim
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat pantau produk Bulog/RMOLJatim

Dalam rangka menguatkan perekonomian di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Badan Urusan Logistik (Bulog) menjalin kesepakatan dengan Pemkab Bondowoso.


Kerjasama tersebut dilakukan dengan penandatangan MoU antara Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin dengan Direktur Bisnis Bulog, Febby Novita di Pendopo Bupati Bondowoso, Kamis (3/11). 

Febby Novita mengatakan bahwa UMKM memiliki peran penting terhadap kemajuan perekonomian Indonesia. Hal itu karena lebih dari 90% pelaku usaha di Indonesia adalah sektor UMKM. Sektor ini dapat diandalkan sebagai indikator dalam stabilitas perekonomian nasional.

"Karena secara teori, ekonomi tidak mungkin bisa maju kalau tidak membangkitkan UMKM-nya, " ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Kolaborasi yang dibangun, lanjut Febby, harus memberikan dampak positif dalam upaya menggerakkan roda perekonomian lokal.

Di sisi hulu sebisa mungkin memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan bagi produsen. 

"Memberikan kepastian pasokan pangan di pasar dan terciptanya keterjangkauan harga di konsumen untuk sektor hilirnya," tambahnya. 

"Skala mikro dan ending nya masyarakat lah yang paling mendapatkan manfaat dari ekosistem bisnis yang dibangun ini," lanjut Febby.

Penyediaan pangan yang sehat dan terjangkau bagi masyarakat adalah tujuan bersama. 

Terciptanya ekosistem yang kondusif di masyarakat dalam mengakses pangan menjadi konsentrasi BULOG sebagai perusahaan yang mengemban tugas untuk melaksanakan 3 pilar ketahanan pangan, yakni ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi harga.

Bulog Bondowoso juga menyatakan siap memberikan produk kemasan baru sesuai pesanan kepada siapapun dalam bentuk kerjasama.