370 Atlet Panjat Tebing Seluruh Indonesia Bertanding di Kejurnas Piala Wali Kota Surabaya 2022

Teks foto: Wiwiek Widayati membuka Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022/ist
Teks foto: Wiwiek Widayati membuka Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022/ist

Sebanyak 370 atlet muda dari seluruh wilayah Indonesia bertanding dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022. 


Kejurnas yang digelar di Climbing Wall Center FPTI Surabaya tersebut, berlangsung pada tanggal 3 - 5 November 2022.

Kejurnas ini dibuka langsung Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mewakili Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Kamis (3/11).

Dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Kepala Disbudporapar Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menyampaikan, Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022 menjadi salah satu sarana pembinaan dan regenerasi atlet-atlet panjat tebing di tanah air.

"Upaya ini diharapkan dapat mempertahankan prestasi yang telah kita raih, serta mencetak bibit-bibit unggul atlet panjat tebing yang dapat mengharumkan nama Indonesia di masa depan," kata Wiwiek membacakan sambutan Wali Kota Surabaya.

Wiwiek juga mengungkapkan, bahwa Wali Kota Eri Cahyadi mengaku bangga. Sebab, Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022, diikuti sekitar 370 atlet dari seluruh wilayah Indonesia. 

Para peserta ini terdiri mulai dari kelompok usia junior sampai senior.

"Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sangat memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada KONI Surabaya dan pengurus kota FPTI serta seluruh pihak yang telah mendukung Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022," sebutnya.

Ia juga menyatakan, bahwa Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya tahun 2022 ini menunjukan komitmen bersama dalam mengembangkan cabang olahraga panjat tebing di Indonesia. 

Karenanya, melalui Kejurnas ini pihaknya meyakini, panjat tebing Indonesia akan semakin berjaya ke tingkat Internasional.

"Fainsyaallah saya yakin, dengan semangat dan kerja sama seluruh elemen, olahraga panjat tebing Indonesia akan semakin berjaya hingga ke tingkat Internasional," tegasnya.

Kepada seluruh official dan para peserta, Wali Kota Eri Cahyadi juga berpesan agar mereka tetap menjaga sportivitas di sepanjang pertandingan. 

"Di dalam lapangan kita boleh bersaing secara adil. Namun di luar lapangan, kita adalah keluarga besar sebangsa dan setanah air," tutupnya.

Sebagai informasi, Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022 ini diikuti sebanyak 370 atlet dari seluruh wilayah Indonesia. 

Di antaranya, Kalimantan Timur (Kaltim), Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Barat, Jakarta dan khususnya dari Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kejurnas ini terbagi dalam beberapa kategori. Yakni, Lead Perorangan Junior, Youth A, B, C, D Putra dan Putri (se-Indonesia). Lalu, Lead Beregu U12, U15 Putra dan Putri (se-Surabaya). 

Kemudian, Lead Perorangan Youth E (usia 7-9 tahun) Putra dan Putri (Eksebisi, se-Indonesia) dan Lead Perorangan Umum Putra dan Putri (se-Indonesia).

Kejurnas yang diprakarsai Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Surabaya bersama Disbudporapar Surabaya tersebut, dihelat rutin setiap tahun. Sedangkan total keseluruhan hadiah dalam Kejurnas tahun 2022 ini sebanyak Rp64.800.000.