Sepekan Terakhir, Kasus Covid-19 di Jember Meningkat 

dr. Lilik Lailiyah/RMOLJatim
dr. Lilik Lailiyah/RMOLJatim

Dalam sepekan terakhir terjadi peningkatan kasus warga Jember terkonfirmasi positif Covid-19. Sejak Selasa (1/11) kemarin terjadi peningkatan 100 persen dibanding kasus sehari sebelumnya. Yakni meningkatnya kasus dari 7 kasus menjadi 14 kasus Covid-19 baru. Sedangkan pada Rabu, 2 Oktober 2022 kemarin ada 8 kasus Covid-19 baru.  


Namun kasus itu diikuti dengan kesembuhan baru yang juga tinggi. Pada Selasa ada 5 kasus Covid -19 sembuh baru dan Rabu ada 12 orang sembuh baru.

Dari update data perkembangan kasus konfirmasi Covid-19 harian, dalam pekan ini Jumat 24 Oktober 2022 ada 2 kasus, Sabtu ada 5 kasus, Minggu ada 6 kasus, Senin 7 Kasus, dan awal bulan 1 November 2022 meningkat menjadi 14 kasus serta 2 Nopember 2022 ada 8 Kasus.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Lilik Lailiyah, saat dikonfirmasi membenarkan adanya peningkatan kasus tersebut. 

"Penambahan kasus Covid-19 baru termasuk warga Jember yang tinggal di Jember dan luar Jember," ucap Lilik, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (3/11). 

Dia menjelaskan, warga yang dinyatakan positif Covid-19 juga warga yang tidak berdomisili di Jember, namun ber KTP Jember. Meski tidak berdomisili di Jember, namun datanya dimasukkan sesuai alamat KTP, yakni Kabupaten Jember. 

Seperti kasus tanggal 1 November 2022, ada 14 kasus. Dari sejumlah itu, 7 orang berdomisili di Jember dan 7 orang berdomisili di luar Jember. 

"Untuk mengantisipasi supaya tidak meluas pihaknya melakukan tracing dan pelaksanaan vaksinasi pada sasaran tracing yang belum vaksinasi. Selain itu Melakukan rujukan dan koordinasi dengan Rumah Sakit," katanya.

Selain itu, lanjut dia, petugas juga melakukan percepatan pemberian vaksinasi utamanya pada dosis 2 dan booster. Penerapan 5 M di masyarakat, serta menyampaikan laporan ke Satgas Covid-19 kabupaten secara periodik.

Sesuai data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, hingga Rabu malam, 2 November 2022, kasus aktif warga Jember terkonfirmasi positif Covid-19 tersisa sebanyak 21 orang.

Sedangkan pasien Covid-19 yang meninggal dunia berinisial PR (36), warga Desa Ajung Kecamatan Kalisat. 

Pihak Dinas Kesehatan memastikan, bahwa PR belum pernah divaksin, karena memiliki Komorbid (penyakit penyerta).