Soal Elektabilitas, Anies-AHY Lebih Potensial Ketimbang Anies-Aher

Anies Baswedan dinilai lebih pas berpasangan dengan AHY pada Pilpres 2024/Net
Anies Baswedan dinilai lebih pas berpasangan dengan AHY pada Pilpres 2024/Net

Sejauh ini ada dua nama yang digadang-gadang bakal jadi pendamping Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Yaitu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang didukung PKS.


Menurut pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, nama yang paling realistis sebagai pendamping Anies adalah AHY, dibandingan Ahmad Heryawan (Aher). Ujang punya alasan khusus kenapa menilai lebih realistis Anies-AHY ketimbang Anies-Aher.

“Bagus-bagus saja untuk duet Anies-AHY, kan yang tidak realistis kalau Nasdem, Demokrat, PKS bergabung, duetnya Anies-Aher. Karena bagaimanapun Aher masih kalah elektabilitasnya,” ucap Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (15/11).

Dia menambahkan, jika PKS, Demokrat, dan Nasdem berkoalisi dan ingin mengambil salah satu kader koalisi untuk mendampingi Anies Baswedan, maka nama yang paling cocok adalah AHY. Namun demikian, Ujang tidak dapat memastikan apakah pasangan Anies-AHY ini berpeluang menang atau tidak.

“Itulah yang lebih realistis kalau mereka Nasdem, Demokrat, dan PkS berkoalisi. Kalau potensi menang belum tentu, masih banyak indikator karena harus melihat elektabilitas Anies nanti berapa, elektabilitas AHY berapa. Saat ini kan capres cawaprss masih di angka 26-30 persen lah masih panjang masih jauh,” tuturnya.

"Jadi, belum bisa dikatakan pasangan Anies AHY itu menang. Karena kemenangan itu harus dilihat juga dari salah satu indikatornya adalah elektabilitas nanti pasangan tersebut bagus atau tidak,” imbuh Ujang.

Terlebih lagi, saat ini lawan Anies di Pilpres nanti belum tampak. Atas dasar itulah belum dapat dipastikan Anies-AHY ini bisa memenangkan Pilpres 2024.

"Kalau sekarang enggak bisa mengukur akan menang, karena lawan politiknya juga belum jelas. Lawan politiknya siapa saja belum tahu. Jadi kalau soal melihat kemenangan capres Anies-AHY itu ya kalau pasangan itu bisa menang bisa juga tumbang,” tutupnya.