Survei ARCI Pilkada Lumajang 2024, Elektabilitas Cak Thoriq Tak Terkejar!

Baihaki Sirajt/Ist
Baihaki Sirajt/Ist

Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), merilis hasil survei terbarunya untuk Pilkada di Kabupaten Lumajang. Hasilnya, elektabilitas Thoriqul Haq unggul jauh dari Indah Amperawati dan beberapa figur lainnya. 


"Untuk Lumajang Thoriq masih paling unggul, angkanya mencapai 51,6%," jelas Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI di Hotel Aby Lumajang, Kamis (28/3/2024).

Setelah Thoriq ada Indah Amperawati sebesar 32,4%, kemudian As'at Malik 5,9% dan Faizal R. Jumadi 4,2%.

Menurut Baihaki, tingginya elektabilitas pria yang akrab disapa Cak Thoriq itu karena tingkat kepuasan masyarakat tinggi terhadap kinerjanya saat menjabat Bupati Lumajang. 

"Pembangunan bagus, seperti pembangunan  bidang insfratruktur salah satunya yang banyak dirasakan oleh masyarakat Lumajang," papar Baihaki. 

Ia menambahkan saat pihaknya melakukan simulasi dengan dua calon antara Thoriq dan Indah, hasilnya tetap unggul Thoriq 56,8%, kemudian Indah 35,7% dan yang menjawab tidak tahu 7,5%. 

Saat disinggung, apakah Thoriq akan berpasangan lagi dengan Indah Amperawati yang sebelumnya menjadi wakilnya. Baihaki menjelaskan bahwa keduanya berpotensi maju sendiri-sendiri. 

Survei ARCI ini dilakukan 15-22 Maret 2024 dengan menggunakan Metode Stratified Multistage Random Sampling dengan jumlah sampel dalam survei 1.200 responden dan Margin Of Error kurang lebih 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.