G20 Bali Diharapkan Hasilkan Solusi Atasi Masalah Krisis Global dan Krisis Pangan

Anggota DPR RI Maman Imanulhaq/Net
Anggota DPR RI Maman Imanulhaq/Net

Ada sejumlah isu dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 , khususnya soal pemulihan ekonomi global pasca pandemi dengan prioritas bidang kesehatan, transformasi digital, dan transisi energi.


Anggota DPR RI Maman Imanulhaq berharap pertemuan antar pemimpin negara anggota G20 dapat berjalan sukses. Terlebih lagi, KTT G20 diselenggarakan di tengah situasi ancaman krisis energi global serta krisis pangan dunia.

Catatan Maman, Indonesia, harus bisa menjadi komunikator kepentingan sejumlah negara besar agar mau bersatu untuk menyeselaikan persoalan dunia.

"Jangan sampai pertemuan ini sia-sia. Saya mengutip apa kata Presiden Jokowi 'mata dunia tertuju pada pertemuan kita, apakah kita akan mencetak keberhasilan atau akan menambah satu lagi angka kegagalan'," kata Maman dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (15/11).

Politisi Fraksi PKB ini pun tak lupa memberi apresiasi atas keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20. Apalagi, Indonesia terlihat sangat punya andil dan pengaruh lebih di antara para anggota G20 yang diisi oleh negara-negara pemilik PDB terbesar dunia.

Pertemuan para pemimpin dunia di Bali ini, lanjut Maman, akan dicatat dalam sejarah dunia bila menghasilkan kesepakatan penyelesaian persoalan dunia.

Pasalnya, situasi global yang carut marut dengan adanya konflik militer, krisis kesehatan, krisis energi, dan ancaman krisis pangan dunia, membuat harapan publik dunia terhadap G20 kian besar.