Spesialis Pencuri Motor Pakai Alat Cincin Magnet Ditangkap Unit Reskrim Kamal Bangkalan

Dua spesialis pencuri motor bersama barang bukti saat diamankan Unit Reskrim Polsek Kamal, Bangkalan/RMOLJatim
Dua spesialis pencuri motor bersama barang bukti saat diamankan Unit Reskrim Polsek Kamal, Bangkalan/RMOLJatim

Dua kawanan spesialis pencuri motor berinisial RF dan MF berhasil diringkus Unit Reskrim Polsek Kamal, Bangkalan. Mereka kerap menjalankan aksi malingnya di wilayah Kecamatan Kamal.


Hanya dengan alat berupa cincin bermagnet, RF dengan mudah bisa membawa kabur motor incarannya. Cincin itu disewanya dari MF, temannya saat beraksi. MF pula bertindak sebagai perantara kepada penadah motor curian.

MS, salah seorang korban pemilik motor melaporkan kehilangan motornya ke pihak berwajib. MS merasa yakin motornya yang hilang masih berkeliaran di Kamal, digunakan orang lain. Mendapati hal itu, Unit Reskrim Polsek Kamal langsung bergerak.

Wajah pelaku sempat terekam CCTV di lokasi kejadian. Petugas yang sudah mengenali wajah tersangka dari tangkapan CCTV itu, akhirnya berhasil menangkap pelaku pada 1 November 2022 lalu.

"Jadi kronologisnya bermula ketika korban itu melihat sepeda motor yang dipakai oleh MF mirip dengan yang dimiliki korban. Alhasil, korban membuat laporan ke polsek Kamal. Dari laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Kamal melakukan penyelidikan dan akhirnya kami tangkap RF," ujar Kapolres Bangkalan AKBP Wiwit Ari Wibisono, Selasa (29/11).

AKBP Wiwit menjelaskan, dari pemeriksaan terhadap RF itulah terungkap keterlibatan MF dalam aks pencurian motor.

"Setelah kami lakukan pengembangan, mengerucut kepada MF dan kami amankan juga sebagai penadah sekaligus teman MF saat beraksi," tuturnya.

MF sempat memberikan perlawanan ketika petugas menangkapnya. Karena itu petugas harus melumpuhkannya dengan memberikan tembakan pada betisnya.

“Karena melawan saat ditangkap, MF terpaksa kami lumpuhkan dengan tembakan di betis kanannya,” ujarnya.

Saat ini polisi masih memburu FC yang ditengarai sebagai penadah motor di wilayah Kamal.