Pemkab Probolinggo Beli Truk Alpomian Rp1,8 Miliar untuk Perbaiki Jalan Rusak

Truk Alpomian Rp1,8 M yaang baru dibeli Pemkab Probolinggo/RMOLJatim
Truk Alpomian Rp1,8 M yaang baru dibeli Pemkab Probolinggo/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo membeli Truk Alpomian untuk memperbaiki jalan rusak. Truk itu dibeli di Surabaya seharga Rp1,8 Miliar dari APBD.


Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko mengatakan, Truk Alpomian tersebut merupakan truk multi fungsi yang bisa digunakan untuk proses tambal sulam jalan yang berlubang. 

"Truk ini dilengkapi dengan jack hammer, pembersih debu aspal, penyemprotan aspal, tangki aspal dan material aspal lainnya. Jadi sekali truk ini jalan sudah bisa langsung melakukan tambal sulam secara cepat dan hasilnya bagus," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (5/12).

Menurut dia, idealnya di Kabupaten Probolinggo memerlukan tiga truk Alpomian untuk tiga wilayah di Kabupaten Probolinggo dengan total jumlah 500 ruas jalan.

"Tapi ini untuk awalan saja, mungkin kedepan kita lengkapi," jelasnya. 

Dengan adanya truk alpomian tersebut, kata dia, upaya perbaikan jalan Kabupaten Probolinggo akan semakin maksimal dan tidak akan terjadi jalan berlubang semakin membesar. 

"Sebelumnya menggunakan alat satu - satu yang terpisah, jadi memakan waktu lama dan biaya perbaikannya lebih mahal. Dengan adanya truk Alpomian ini satu kali jalan bisa langsung melakukan perbaikan di satu ruas jalan tersebut," jelasnya. 

Nantinya, akan dipetakan riasan jalan yang menjadi prioritas perbaikan di Kabupaten Probolinggo.

"Selanjutnya kita akan petakan ruas jalan yang menjadi prioritas perbaikan. Jadi selama materil yang di bawa mempuni untuk melakukan perbaikan ya kami lakukan perbaikan di satu ruas jalan tersebut," pungkasnya.