Indeks Birokrasi Reformasi Pemkab Lamongan Naik kelas, Bupati Pak Yes Sabet Penghargaan

Bupati Lamongan Yuhronur Enfendi saat menerima penghargaan dari Menpan-RB di Hotel  Bidakara Jakarta/Ist
Bupati Lamongan Yuhronur Enfendi saat menerima penghargaan dari Menpan-RB di Hotel Bidakara Jakarta/Ist

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas memberi penghargaan secara langsung kepada Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.


Anugerah itu diberikan karena Bupati akrap disapa Pak Yes mampu meningkatkan indeks birokrasi reformasi Pemkab Lamongan dengan predikatnya naik kelas menjadi BB.

Acara penganugerahan bersama pelayanan publik dan reformasi birokrasi tahun 2022 berlangsung terselenggara bertempat di Hotel Bidakara Jakarta,Selasa (6/12).

"Ini hasil kerja keras dan kerja sama Lamongan, kita naik kelas menjadi BB dari yang sebelumnya B," tutur Bupati Pak Yes usai menerima penghargaan dikutip Kantor Berita RMOLjatim.

Pak Yes menyatakan reformasi birokrasi menjadi kunci mewujudkan pelayanan prima dan berkelas dunia untuk masyarakat. Pemkab Lamongan selaku birokrasi pemerintahan daerah menjadi mesin penggerak sistem pelayanan publik untuk mencapai good governcane dengan 11 program prioritasnya yang salah satunya terdapat program memberikan pelayanan baik kepada masyarakat.

"Salah satu yang menjadi indikator penilaian RB ini ialah pelayanan publik, dan itu menjadi salah satu dari 11 program prioritas kita. Kita ada beberapa program pelayanan yang memudahkan masyarakat juga sudah ditangani secara digital di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, administrasi, kesehatan, sosial, dan lainnya," kata Pak Yes.

Penilaian reformasi birokrasi dilakukan mulai dari periode Juli hingga November tahun ini dengan indeks pemerintahan yang efektif dan efisien, bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), dan memiliki pelayanan publik yang berkualitas.

"Untuk tahun depan ditekankan pada pelaksanaan RB tematik yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi pada pemerintahan dan percepatan program prioritas Presiden antara lain pengendalian inflasi, stunting," terang Pak Yes.

Pada kesempatan yang sama diterimakan pula hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat A, hal ini untuk yang ke 5 kalinya Lamongan mendapatkan Sakip predikat A dan diterimakan pula hasil penilaian pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lamongan dengan predikat pelayanan prima.