Kakek di Jember Ikut Tajemtra Tempuh 30 Kilometer, Ada yang Sudah Ikut 35 Kali

Thoha dan Sudoyo bersama peserta Tajemtra lainnya di alun-alun Kecamatan Tanggul.
Thoha dan Sudoyo bersama peserta Tajemtra lainnya di alun-alun Kecamatan Tanggul.

Diantara ribuan warga yang memadati alun-alun Kecamatan Tanggul, tampak 2 orang berambut putih dengan kulit keriput memakai nomor peserta gerak jalan Tanggul Jember Tradisional ( Tajemtra) Tahun 2022. 


Keduanya adalah Thoha (67), warga Kecamatan Balung Kabupaten Jember Dan Sudoyo (74), warga jalan Letjen Suprapto Kelurahan sempusari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.

Meski sudah usia senja, namun raut muka dan tubuh masih terlihat bugar. Bahkan tampak masih berolahraga kecil, mengolah tubuh untuk melakukan perenggangan otot.

Thoha bersyukur, di usianya yang senja, masih bisa ikut Tajemtra 2022. Dia mengaku ikut Tajemtra sudah yang ke 17 kalinya. 

"Saya sudah mengikuti Tajemtra sejak tahun 2003 silam," ucap Thoha sambil menunjukkan belasan sertifikat Tajemtra dari tahun ketahun, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (17/12).

Dia menjelaskan salah satu motivasi mengikuti Tajemtra adalah untuk menjaga kesehatan diri, sekaligus hiburan. 

"Meski jarak yang ditempuh jauh, tapi saya senang," katanya.

Hal senada disampaikan, salah seorang peserta lain, Sudoyo. Dia  mengaku senang  gerak jalan Tajemtra Kembali digelar. Ternyata Kakek 74 tahun ini, menjelaskan tidak pernah absen mengikuti gelar gerak jalan pamungkas, yang menjadi agenda tahun Pemkab Jember. Bahkan sudah mengikuti gerak jalan Tajemtra sebanyak 34 kali.

"Untuk saat  ini ( Tajemtra 2022), sudah yang ke-35 kalinya," tegas Sudoyo. 

Salah satu motivasi Sudoyo mengikuti Tajemtra untuk menjaga kesehatan dan tetap bugar.

"Tajem itu merupakan salah satu ajang untuk memperoleh kesehatan," katanya.

Karena itu, Sudoyo mengajak  kalangan muda-mudi Jember,  untuk berpartisipasi dalam kegiatan Tajemtra yang digelar Pemkab Jember setiap tahun. Apalagi Kegiatan ini, berhadiah ratusan juta rupiah.

Diketahui, Gerak Jalan Tajemtra, merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Kabupaten Jember. Untuk gelar Tajemtra tahun 2022, Pemkab Jember menyiapkan hadiah sekitar Rp. 200 juta.