Tekan Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Nataru, Pemkot Kediri Gelar Operasi Pasar

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Sebagai upaya untuk menekan kenaikan harga kebutuhan pokok di Kota Kediri, Pemerintah Kota Kediri melalui Disperdagin melakukan operasi pasar murni yang bertempat di 15 Kelurahan di Kota Kediri. Operasi pasar berlangsung mulai 19 Desember hingga 23 Desember 2022, yang setiap harinya sudah terjadwal untuk masing-masing Kelurahan.


Dalam operasi pasar ini, menjual empat kebutuhan pokok yakni Beras, telur, gula, dan minyak goreng. Untuk beras Premium dijual dengan harga Rp.52.000 per 5 kilogramnya. Kemudian, telur dijual dengan harga Rp.24.500, per kilogramnya, gula harga Rp. 10 500 per kilogramnya dan minyak goreng Rp.12.000 per liternya. Setiap orang noleh membeli sebanyak 2 komoditi. 

Rice Oriza Nusivera, SP. MMA. Kabid Pengembangan Perdagangan Disperdagin Kota Kediri mengatakan, menjelang Natal dan Tahun baru seringkali terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok di Pasaran. Sehingga, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga tersebut, Pemerintah Kota Kediri melalui Disperdagin melakukan operasi pasar murni.

"Biasanya memang menjelang natal dan tahun baru, seringkali terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok. Maka dari itu, kami melakukan operasi pasar murni ini, sebagai kontrol harga kebutuhan pokok di pasaran, agar tidak melonjak naik," Kata Rice Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Senin (19/12).

Rice menambahkan, Operasi pasar murni akan dilaksanakan setiap hari mulai tanggal 19 Desember, operasi pasar murni berada di Kelurahan Bandarkidul, Banjaran, dang Bangsal. Kemudian untuk tanggal 20 berada di Kelurahan Banjarmlati, Kampungdalem, dan Burengan. 

Untuk tanggal 21 berada di Kelurahan Dermo, Ngadirejo dan Jamsaren. Tanggal 22 Desember berada di Kelurahan Lirboyo, Setonopande, Pesantren. Yang terakhir pada tanggal 23 Desember berada di Kelurahan Sukorame, Pocanan dan Kelurahan Tosaren Kota Kediri. 

Sementara itu, Disperdagin Kota Kediri telah menyiapkan semua komoditi untuk per Kelurahan. Untuk beras premium disediakan sebanyak 150 pack, gula pasir 420 Kg,  minyak goreng 336 liter, dan telur 180 Kg.