Lamongan Terjunkan 1.146 Personil Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat apel gelar opeasi  lilin semeru 2022/RMOLJatim
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat apel gelar opeasi lilin semeru 2022/RMOLJatim

Apel pasukan operasi lilin digelar di Alun-alun Kabupaten Lamongan, pada Kamis (22/12). Operasi lilin dilakukan dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).


Dalam pengamanan Nataru tahun ini ada 346 personil yang disiagakan di pospam dan 800 personil disiagakan pada saat malam tahun baru.

Melalui sinergitas stekholder ini Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap dapat memberikan rasa aman dan kenyamanan masyarakat pada saat malam tahun baru.

Untuk itu, kata Yuhronur Efendi, pengamanan Nataru yang dilaksanakan selama 11 hari mulai 23 Desember hingga 2 Januari 2023.

Selain itu, terdapat 9 poin untuk memperkuat sinergitas diantaranya, pengaturan rekayasa lalu lintas, tingkatkan patroli pada daerah rawan dan objek vital, deteksi dini untuk antisipasi terorisme, bentuk tim siap tanggap bencana, monitoring ketahanan pangan dan BBM di lapangan, sentralisasi pengaman ibadah Natal, dan pengamanan objek wisata.

"Saat ini mobilitasnya sangat tinggi karena memang euforia masyarakat setelah 2 tahun dibatasi tapi tahun ini tidak ada pembatasan, sehingga kita harus lebih meningkatkan pengamanan dan pengawalan masyarakat yang melakukan mudik dan sebagainya," kata Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Guna menunjang sarana dan prasarana, Lamongam membentuk 5 pos, yakni 1 pos pelayanan di Terminal Lamongan dan 4 pos pengamanan di Alun-alun, Gereja Jawi Wetan Kinameng, Pospam WBL, dan Pospam Babat.

Tak hanya mengerahkan seluruh personil Polres nataru ini juga berkolaborasi dengan Kodim 0812 Lamongan, Pemkab Lamongan, serta penambahan satu pleton Brimob pada tahun baru.

"Keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Dengan begitu masyarakat dapat melaksanakan ibadah natal dengan khidmat, serta merayakan tahun baru dengan penuh suka cita," ucap Pak Yes.

Saat menjalankan tugas, Pak Yes berpesan agar seluruh personel pengamanan, melaksanakannya dengan dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis dan memahami tupoksi tugasnya.