Soft Launching Pesawat Cessna, Bupati Hendy Langsung Jajal Penerbangan Surabaya-Jember

Bupati Jember Hendy mengelar  jumpa pers usai turun dari pesawat Cessna Grand Caravan di Bandara Notohadinegoro Jember/RMOLJatim
Bupati Jember Hendy mengelar  jumpa pers usai turun dari pesawat Cessna Grand Caravan di Bandara Notohadinegoro Jember/RMOLJatim

Brand New Cessna Grand Caravan EX form USA, Landing (mendarat) di Bandara Notohadinegoro Jember, sekitar pukul 17.00, Kamis (22/12). 


Penumpang perdana ternyata rombongan Bupati Jember, H Hendy Siswanto, yang pulang dari kegiatan dinas luar kota. Landingnya pesawat buatan Amerika Serikat tahun 2022 ini menandai beroperasinya kembali Bandara Notohadinegoro Jember yang sudah lama vakum.

"Bertepatan dengan Hari Ibu, kami persembahkan soft launching pesawat dengan jalur Jember - Surabaya dan Surabaya - Jember, 2 Kali PP (Pulang Pergi) perhari," ucap Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (22/12) petang.

Dia menjelaskan dalam uji coba penerbangan perdana, take off dari Surabaya sekitar pukul 16.30 WIB dan tiba di Jember sekitar 17.00. WIB.

Saat jumpa pers, bupati juga mengapresiasi pilot  pesawat, Kapten Risky Fitriyadi yang mengemudikan pesawat dengan sangat nyaman. Selain itu, bupati menyatakan bahwa pesawat yang digunakan adalah pesawat Cessna Grand Caravan tipe EX yang terbaru, buatan tahun 2022. Pesawatnya terbang dengan nyaman bagi penumpang. 

"Take offnya enak sekali, landingnya enak sekali. Kayaknya mau bawa sendiri kalau boleh, Kalau ndak percaya, silahkan coba sendiri," katanya sambil bercanda dengan awak media.

Bupati menerangkan bahwa ada sebanyak 12 tempat duduk yang tersedia pada pesawat itu. Dia berharap dukungan masyarakat Jember, operasinya bandara Notohadinegoro Jember.  Apalagi ada promo harga hingga 3 bulan ke depan.

Tercatat, jadwal keberangkatan terdiri atas pukul 06.00 WIB- 06.30 WIB dari Jember ke Surabaya. Lalu, jam 07.00 WIB - 07.30. WIB dari Surabaya ke Jember. Selain itu, ada juga jadwal pukul 16.00 - 16.30 dari Jember ke Surabaya. Lalu, jam 16.45 sampai 17.15 dari Surabaya ke Jember.

Menurut bupati, jadwal penerbangan yang tersedia sangatlah efisien. Sebab, tak membutuhkan biaya operasional lain seperti penginapan. 

Warga Jember yang berangkat pagi, bisa langsung pulang sore. Demikian warga Surabaya, yang sedang melakukan kegiatan bisnis di Jember, berangkat pagi dan sorenya sudah tiba di rumah.

"Dengan soft launching ini, bisa berkembang dengan maskapai lain. Kita tunjukkan nanti, okupansi penumpang pesawat di Jember ini tak hanya 12 orang, melainkan lebih dari 50 bahkan 100 orang per hari," jelasnya.