Kabupaten Terinovatif, Situbondo Terima Penghargaan IGA Award dari Kemendagri

Dok Ist
Dok Ist

Pada penghujung tahun 2022 penghargaan masih mengalir Ke Kabupaten Situbondo. Hari Ini, Jumat, (24/12), Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada Kabupaten Situbondo sebagai Kabupaten Terinovatif dalam Innovative Government Award (IGA) 2022. 


Berdasarkan laporan yang disampaikan panitia penghargaan ini adalah penghargaan prestisius karena selain diikuti oleh 386 Kabupaten di Indonesia serta dengan penilaian yang komprehensif. 

Penghargaan ini diperoleh oleh kabupaten Situbondo melalui proses dan jalan panjang tentunya tidak lepas dari komitmen kepala daerah dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah dalam mendorong budaya inovasi dan daya saing daerah di Organisasi Pemerintahan daerah dan ASN Situbondo. 

Menurut Hermanto Rohman Ketua Badan Inovasi dan Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten  Situbondo, penghargaan ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa karena pada IGA 2022 ini Situbondo mengirimkan Total 224 Inovasi yang kemudian dilakukan penilaian oleh tim penilai Independen Kemendagri tingkat kematangan berdasarkan 20 Indikator yang harus dibuktikan secara administratif. 

"Tidak cukup itu penilaian juga dilanjut dengan penilaian paparan dari Kepala Daerah dan validasi lapangan," katanya. 

Pada tahap awal dari 224 Inovasi yang dikirim dan dilakukan penilaian Situbondo masuk dalam Top 12 Kabupaten Terinovatif, yang kemudian mewajibkan daerah untuk dilakukan penilaian tahap berikutnya adalah dari paparan kepala daerah dan validasi lapangan. Hasil dari paparan dan validasi ini semakin mengukuhkan Kabupaten Situbondo masuk dalam Top 10 Kabupaten Terinovatif  dari 386 Se Indonesia sekaligus untuk Kategori  kabupaten kedua dari 3 kabupaten Terinovatif wakil Jawa Timur (Banyuwangi, Situbondo, dan Pamekasan). 

"Kedepan sebagaimana apa yang sampaikan Mendagri bahwa inovasi ini harus selalu digelorakan bukan hanya dari komitmen kepala daerah namun juga harus inisiatif para pejabat OPD, ASN, bahkan bisa juga bisa Insiatif para Anggota DPRD dan Masyarakat dan ini pekerjaan rumah yang harus ditingkatkan mulai awal tahun depan," terangnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo H. Karna Suwandi yang menerima penghargaan ini secara langsung bersama Ibu Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah menyampaiakan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Dalam Negeri dan seluruh ASN OPD dan juga masyarakat Situbondo. 

"Penghargaan ini akan semakin mengukuhkan tekat dan komitmen pemerintah kabupaten Situbondo untuk semakin meningkatkan kuantitas dan kualitas inovasi karena Situbondo memiliki keterbatasan fiskal tentunya dengan budaya inovasi akan mampu mendorong cara yang efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan sekaligus mendorong daya saing daerah," kata bupati Karna. 

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas di Gedung Sasana Bakti Kementerian Dalam Negeri