Raih 14 Penghargaan, BPSDM Jatim jadi Lembaga Pelatihan Terbaik se-Indonesia dari LAN RI

Kepala BPSDM Jatim, Aries Agung Paewai memaparkan prestasi dan penghargaan dalam refleksi kinerja akhir tahun 2022 di Gedung Sasana Wiyata Praja BPSDM Jatim, Kamis (29/12)/Ist
Kepala BPSDM Jatim, Aries Agung Paewai memaparkan prestasi dan penghargaan dalam refleksi kinerja akhir tahun 2022 di Gedung Sasana Wiyata Praja BPSDM Jatim, Kamis (29/12)/Ist

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim berhasil menorehkan beragam prestasi gemilang selama satu tahun terakhir. Tak tanggung-tanggung, tercatat ada 14 penghargaan berhasil dikantongi oleh instansi yang dinahkodai Aries Agung Paewai tersebut dalam 12 bulan terakhir di Tahun 2022.


Rangkaian prestasi dan penghargaan tersebut dibeberkan dalam refleksi kinerja akhir tahun 2022 di Gedung Sasana Wiyata Praja BPSDM Jatim, Kamis (29/12). Dalam kesempatan itu, turut dirangkaikan pula Pelepasan ASN BPSDM Jatim yang memasuki purna tugas di Tahun 2022.

Dalam kesempatan itu, hadir mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yakni Asisten Administrasi Umum Setdaprov Jatim Akhmad Jazuli. Menurut Jazuli, BPSDM Jatim telah berhasil menelorkan berbagai program peningkatan dan pelayanan pengembangkan kompetensi ASN. Yang lebih membanggakan, dari berbagai program dan inovasi tersebut, BPSDM Jatim mampu menorehkan segudang prestasi di tingkat Nasional.

”Pak Aries ini telah sukses memimpin orkestrasi semua potensi di BPSDM Jatim untuk melakukan hal yang benar (doing the right things) dengan cara yang benar pula  (doing the things right),”  ujar Jazuli dalam keterangan tertulis dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (31/12).

Terbukti, lanjut Jazuli, BPSDM Jatim telah bertranformasi menjadi lembaga pelatihan unggulan sebagai Peringkat I Lembaga Pelatihan Pemerintah Daerah Berprestasi Tahun 2022 dan juga Instansi Pemerintah Terbaik Kategori Pemerintah Provinsi Dalam Capaian Pemenuhan Pengembangan Kompetensi Tahun 2022 – Training Rate Award LAN RI.

Dari berbagai pencapaian tersebut, Jazuli menyampaikan bentuk refleksi yang perlu dilakukan ialah mengevaluasi kekurangan-kekurangan di masa lalu dan memperbaikinya di masa mendatang. Sehingga, kinerja di tahun 2023 akan menjadi jauh lebih baik lagi.

Sementara itu, Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai menuturkan, saat ini dunia dihadapkan pada kompetesi global yang membutuhkan SDM handal dan berkualitas. Di samping itu, birokrasi pemerintahan membutuhkan tenaga ASN yang memiliki karakter Ber-AKHLAK dan marketable.

"Kami berharap melalui refleksi ini seluruh ASN di BPSDM Jatim akan menjadi SDM yang handal dan berkualitas, penuh semangat, dapat memberikan pelayanan prima, punya kreatifitas dan inovasi tinggi untuk berkontribusi penuh pada kemajuan Provinsi Jatim,” ujar Aries.

Aries mencontohkan, salah satu inovasi yang berhasil ditelorkan tahun 2022 dan menjadi percontohan nasional adalah Webinar ASN Belajar. Sejak Januari sampai dengan Desember 2022, program ini telah berjalan 48 seri yang dilaksanakan setiap satu pekan sekali. Webinar ASN Belajar tersebut telah diikuti sebanyak 466.900 ASN.

"Awalnya program ASN Belajar ini hanya diperuntukkan bagi ASN di Pemprov dan Kabupaten Kota di Jatim. Namun ternyata banyak diminati oleh para ASN diseluruh Indonesia," ujar Aries.

Antusias ASN mengikuti Webinar ASN Belajar karena disajikan dengan tema dan materi yang menarik sekaligus narasumber yang kompeten dari kalangan pemerintah, praktisi, akademisi sampai profesional, ada menteri, kepala Daerah sampai direktur bumn.

"Alhamdulillah, Kepala LAN-RI mengapresiasi program ASN belajar karena sangat bermanfaat dan dapat menjangkau seluruh ASN di Indonesia. Kepala LAN bahkan menyarankan untuk membuat progam yang sama yaitu ASN Merdeka Belajar agar lebih masif," tutur Aries.

Sebagai bagian dari refleksi, Aries juga bersyukur bahwa  BPSDM Jatim tahun ini berhasil menjadi tuan rumah dua rakornas. Yaitu rakornas BPSDM se Indonesia yang  digelar Kementerian Dalam Negeri RI pada bulan Juni dan Rakornas Persiapan Penyelenggaraan PKN Tk.  II yang dihadiri Kepala Lembaga Pelatihan yang diselenggarakan oleh LAN - RI. 

Kepercayaan Kemendagri dan LAN RI dalam menunjuk tuan rumah tak lain karena prestasi luar biasa BPSDM Jatim selama tiga tahun terakhir. Di sisi lain, BPSDM Jatim juga telah bertransformasi baik secara fisik melalui peningkatan fasilitas maupun pengembangan infrastruktur digital yang sangat mendukung untuk pembelajaran. 

Atas berbagai capaian itu, Aries menyampaikan rasa terima kasihnya dari seluruh dedikasi serta kinerja terbaik yang telah dicurahkan ASN dan karyawan di BPSDM Jatim. Baik dalam memberikan pelayanan kepada peserta pelatihan pengembangan kompetensi maupun dalam menciptakan berbagai inovasi-inovasi bangkom ASN.

"Semoga di tahun 2023 CorpU SDG’S BPSDM Jatim mampu terus berinovasi dan berprestasi serta menjadi Lemdik rujukan di Indonesia dalam hal pengembangan kompetensi ASN di Indonesia," ujar Aries.

Dalam kesempatan yang sama turut hadir motivator dr Agus Ali Fauzi yang membagikan lima tips dalam meningkatkan kinerja agar selalu optimis dan sukses di  Tahun 2023. Di antaranya ialah medekati Tuhan (owner), hati senang (swetness), jangan egois, mau minta maaf dan mau memaafkan, serta mempunyai sense oh humor (relax).

"Lima hal ini kalau kita praktikkan dalam pekerjaan kita sehari-hari akan membuat akan membuat perkjaan kita menjadi menyenangkan dan ringan," pungkas dia.

Daftar Prestasi BPSDM Jatim Tahun 2022

1. Instansi Pemerintah Terbaik Kategori Pemerintah Provinsi dalam Capaian Pemenuhan Pengembangan Kompetensi Tahun 2022 – Training Rate Award dari LAN RI.

2. Peringkat 1 Lembaga Pelatihan Pemerintah Daerah Berprestasi Tahun 2022 oleh LAN – RI.

3. . Terakreditasi A Lembaga Diklat di Bidang Teknis Penanggulangan Bencana th. 2022 oleh BNPB.

4. Penghargaan Widyaiswara Kehormatan untuk Gubernur Jawa Timur dari LAN RI.

5. Peringkat 3 Kategori Media Sosial – Kompetisi jatim Public Relation Awards (JPRA) Tahun 2022.

6. Peringkat 1 Pengalokasian Anggaran Pengembangan Kompetensi Terbesar Tahun 2022 pada Rakornas BPSDM Aparatur Pemerintah Dalam Negeri Tahun 2022.

7. Peringkat 1 Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Pemerintah Kategori Jenis Sertifikasi terbanyak Periode 2020-2022 pada Rakornas BPSDM Aparatur Pemerintah Dalam Negeri Tahun 2022.

8. Peringkat 2 Sertifikasi Kompetensi Pemerintahan Kategori Jumlah Peserta Terbanyak 2020-2022 – Rakornas BPSDM Aparatur Pemerintah Dalam Negeri Tahun 2022. 

9. 10 Besar Kompetisi Microlearning LAN RI Tahun 2022.

10. Juara Harapan I OPD Terbaik pada Festival Inovasi Desa Tahun 2022. 

11. Penghargaan Peran Serta Pengembangan Pendidikan oleh Sekolah Pascasarjana UNAIR.

12. Penghargaan Perangkat Daerah dengan Kualitas Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Terbaik Tahun 2022 oleh Gubernur Jawa Timur.

13. Penghargaan Juara Harapan 2 Lomba Paduan Suara ASN Antar OPD Dalam Rangka Hari Jadi ke 77 Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

14. Penghargaan Peringkat 3 terbaik festival Inovasi PKN Tk I Angkatan 53 Tahun 2022.