Penampakan Macan Tutul di Lereng Gunung Raung Banyuwangi Tertangkap Kamera Warga

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Penampakan macan tutul di lereng Gunung Raung, tepatnya di kawasan wisata air terjun Telunjuk Raung, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi terekam kamera warga.


Sebelumnya, penampakan seperti ini juga pernah terjadi di lereng Gunung Raung, yaitu sekitar awal Desember 2022.

Kepala Desa Sumberarum, Ali Nurfatoni mengatakan, kejadian itu tertangkap kamera petugas wisata air terjun Telunjuk Raung sekitar pukul 22.00 WIB pada 31 Desember 2022. Setelah menyantap seekor monyet macan tersebut nampak tertidur sampai pukul 04.00 WIB (1/1/2023).

“Petugas wisata telunjuk Raung yang mengetahui macan tutul itu,” kata Toni dikutip Kantor Berita RMOLjatim (2/1).

Saat itu, kata Toni, sedang ada 150 wisatawan yang berkemah dan mendengar ramai-ramai suara monyet. Kemudian, petugas wisata mengecek ke arah lokasi, tepat di belakang kantin.

“Ternyata ada seekor macan tutul sedang memakan seekor monyet. Setelah memakan seekor monyet sekitar pukul 22.00 kemudian terlelap tidur sampai subuh, tetapi tetap dijaga, tidak ada yang mengganggu,” paparnya.

Macan tutul tersebut, bangunnya sekitar pukul 04.00 WIB (1/1) turun dan kembali ke habitatnya.

"Lokasi wisata Telunjuk Raung itu jauh dari pemukiman warga sekitar 3-4 kilometer,” ujarnya.

Penampakan macan tutul ini, lanjutnya, bukan yang pertama kali. Sebelumnya hal itu pernah terlihat sekita awal Desember 2022, tapi tidak sampai terekam kamera warga.

“Kita melakukan koordinasi dengan Muspika Songgon, salah satunya Polsek Songgon yang sebelumnya juga sudah turun ke lokasi. Pak kapolsek juga sudah menyampaikan ke pihak BKSDA untuk ditindak lanjuti,” paparnya.

 

“Sebelumnya muncul di Dusun Kampunganyar, kalau ini di Dusun Mangaran lokasinya ini,” imbuh Toni.

 

Untuk masyarakat, Kades Sumberarum mengimbau untuk tetap waspada dan tidak melakukan perburuan. Mudah-mudahan tidak sampai mengganggu warga.

 

“150 wisatawan yang kamping tetap lanjut, karena sudah ada yang menjaga,” tutupnya.