Cetak Gol ke Gawang Filipina, Dendy: Penyelesaian Akhir Tim Garuda Masih Buruk

 Dendy Sulistyawan (kanan) mengakui Timnas Indonesia harus membenahi ketajaman di lini depan/PSSI
Dendy Sulistyawan (kanan) mengakui Timnas Indonesia harus membenahi ketajaman di lini depan/PSSI

Kemenangan atas Filipina dengan skor 2-1 memang mengantarkan Timnas Indonesia ke semifinal Piala AFF 2022. Tapi, masih ada banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pelatih Shin Tae-yong terhadap skuatnya. Terutama soal finishing atau penyelesaian akhir yang masih jauh dari harapan.


Masih buruknya finishing Timnas Indonesia sepanjang Piala AFF 2022 ini diakui oleh striker Dendy Sulistyawan. Pemain asal Bhayangkara FC ini menjadi salah satu pencetak gol Indonesia ke gawang Filipina pada laga di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin malam (2/1).

"Kami harus memfokuskan (memperbaiki) penyelesaian akhir itu," kata Dendy usai laga, Senin (2/1). "Kami terus membenahi apa yang kurang di dalam tim."

Kualitas finishing Timnas Indonesia dalam 4 laga Grup A Piala AFF 2022 memang masih belum bisa dibilang tajam. Dalam laga melawan Kamboja, hanya 2 gol yang dicetak Indonesia dari total 16 tembakan, yang 8 di antaranya tepat sasaran.

Pun saat menggulung Brunei Darussalam 7-0, di mana Indonesia menciptakan 16 percobaan, yang 8 di antaranya on target.

Jumlah tembakan yang sama diciptakan Indonesia saat menghadapi Filipina. Tapi hanya 2 gol yang masuk ke gawang Filipina. Dari total 16 tendangan yang tercipta, 7 di antaranya tepat sasaran dan 9 melenceng.

Untuk itu, pebola 26 tahun itu memastikan ia dan rekan-rekannya akan terus mengasah ketajaman saat mendapat kesempatan di depan gawang lawa.

Dendy tidak ingin Indonesia tampil mengecewakan, terutama di lini depan, saat melakoni leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Jumat (6/1) mendatang.