Bupati Mas Dhito Resmi Lantik Solikin sebagai Sekda Kabupaten Kediri

Prosesi pentikan Mohamad Solikin sebagai Sekda Kabupaten Kediri definitif/RMOLJatim
Prosesi pentikan Mohamad Solikin sebagai Sekda Kabupaten Kediri definitif/RMOLJatim

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana telah resmi mengangkat Mohamad Solikin sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kediri definitif menggantikan Penjabat (Pj) Sekda Adi Suwignyo. 


Pelantikan Mohamad Solikin berlangsung di Gedung Convention Hall Simpang Lima Gumul, pada Rabu (4/01).

Solikin sebelumnya menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri.

"Arahan dari Mas Bup (panggilan lain Mas Dhito) karena ini awal tahun anggaran agar segera disiapkan untuk pelaksanaan anggaran 2023 dengan beberapa prioritas yang telah direncanakan sebelumnya," kata Solikin kepada Kantor Berita RMOL Jatim.

Beberapa program prioritas yang dimaksud mulai dari bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Lebih khusus untuk bidang infrastruktur diantaranya pada akses jalan dan jembatan untuk mendukung keberadaan bandara. 

Keberadaan bandara dan jalan tol tentunya akan memberikan dampak signifikan bagi kota/kabupaten sekitar. Terutama bagi Kabupaten Kediri yang wilayahnya menjadi lokasi pembangunan bandara dan dilewati jalan tol.

Keberadaan dua proyek itu menjadi tantangan bagi pemerintah daerah pada 2023 ini untuk menyiapkan masyarakat supaya nantinya tidak hanya menjadi penonton. 

Diharapkan adanya bandara dan jalan tol memberikan dampak positif dan manfaat bagi masyarakat di kabupaten Kediri.

"Karena kita ada dua proyek nasional bandara dan jalan tol, Mas Bup meminta itu menjadi prioritas. Kita harus bisa menyambut, masyarakat jangan sampai tertinggal," ungkapnya.

Sebelumnya, di lokasi yang sama juga diadakan pelantikan 197 pejabat struktural Pemerintah Kabupaten Kediri dan 1 pejabat direktur Bank Daerah. Pelantikan itu menyusul adanya perubahan susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) baru. 

Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa mewakili Mas Dhito dalam pelantikan itu menyampaikan, pejabat yang baru saja dilantik diharapkan dapat cepat menyesuaikan dengan tempat kerja yang baru.

Sebagaimana pesan Bupati Kediri semua ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri dituntut bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. 

“Mas Dhito selalu berpesan, kita harus memberikan pelayanan prima. Harus melayani dengan ikhlas, senang, dengan ramah,” tutur wakil bupati yang akrab disapa Mbak Dewi itu.

Dalam pelantikan itu, dari ratusan pejabat Adi Suwignyo yang sebelumnya menjabat Pj Sekda Kabupaten Kediri dilantik sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri.

Wabup Dewi kembali menyampaikan, pihaknya berharap dengan adanya perubahan nomenklatur serta jabatan baru ini, ASN dapat terus meningkatkan kompetensi yang dimiliki dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Dengan posisi yang baru semoga bisa terus termotivasi untuk melayani masyarakat demi kemajuan Kabupaten Kediri,” pungkasnya.