Wawali Kota Bung Edi Mengajak Pemuda dan Masyarakat Teladani Semangat Para Pejuang

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko (dua dari kanan) menyerahkan potongan tumpeng kepada Sekretaris Dewan Pembina LVRI Kota Malang, Letkol Machmud (kanan)/Ist
Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko (dua dari kanan) menyerahkan potongan tumpeng kepada Sekretaris Dewan Pembina LVRI Kota Malang, Letkol Machmud (kanan)/Ist

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengajak pemuda dan masyarakat meneladani semangat para pejuang. Hal itu disampaikan saat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Pemuda Panca Marga (PPM) ke-42 dilangsungkan di Gedung Dharma Sabha Pepabri, Jl. Panglima Sudirman No. 104 Kelurahan Kesatrian Kecamatan Blimbing Kota Malang, Selasa (10/1).


"Pada kegiatan ini, merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Pemkot (Pemerintah Kota) Malang dan LVRI serta PPM agar tidak melupakan sejarah. Sehingga, kami mengajak masyarakat dan pemuda untuk menghormati semangat juang para pahlawan, yang mampu menjadi inspirasi dalam membangun jiwa nasionalisme dan semangat patriotisme,” ujar Sofyan Edi Jarwoko yang akrab disebut Bung Edi. 

Masih kata Bung Edi, dalam merebutkan kemerdekaan Republik Indonesia, para veteran berjuang dengan semangat yang begitu luar biasa. Maka dari itu semua pihak dapat belajar dalam meneladaninya. 

"Dalam era globalisasi sekarang ini, tentu ini harus terus dikobarkan. Yang mana bekerja keras, berjuang tidak mengenal lelah, pantang menyerah. Serta harus terus ditularkan kepada generasi bangsa. LVRI semakin memperteguh potensi yang dimiliki untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa, memberikan edukasi kepada generasi muda dan masyarakat dalam memperkuat karakter bangsa," tuturnya. 

Bahkan, Bung Edi juga menyampaikan, LVRI juga berperan dalam menumbuhkan rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air, menjaga persatuan dan kesatuan, serta menjadi pioneer demi cita-cita menuju generasi emas 2045.

"LVRI adalah salah satu lansia yang produktif, karena di usia yang tak lagi muda masih tetap bermanfaat untuk masyarakat," ucapnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pembina LVRI Kota Malang, Letkol Machmud mengatakan, bahwa salah satu misi LVRI adalah mewariskan dan melestarikan semangat perjuangan kepada generasi muda saat ini. 

"Dukungan dari pemerintah daerah tentu diperlukan. Karena misi para veteran adalah melestarikan dan mewariskan semangat juang 45. Dimana seorang veteran memiliki kewajiban penuh dalam pembentukan karakter dan peningkatan sumber daya manusia. Nah, upaya tersebut sejalan dengan program Pemerintah Kota Malang dalam penguatan dan pembentukan karakter bangsa,” pungkasnya.[adv]