Samakan Jokowi dan Firaun Berujung Viral, Cak Nun Ngaku Kesambet

Emha Ainun Najib
Emha Ainun Najib

Pernyataan cendekiawan muslim, Emha Ainun Nadjib yang menyamakan Presiden Joko Widodo dengan Firaun diakui lepas dari kontrol.


Hal itu disampaikan Cak Nun, sapaan Emha Ainun Nadjib saat acara Mocopat Syafaat yang diunggah di kanal YouTube CakNun.com. Cak Nun menceritakan itu saat membahas teori tentang roh dan kesadaran manusia.

Dikatakan Cak Nun, pernyataan yang menyinggung Jokowi dan Firaun itu berada di luar kesadarannya. Bahkan ia menyebut kejadian tersebut dengan diksi kesambet.  

"Saya dikasih ujian oleh Allah luar biasa. Meneng-meneng aku ki ngomong hal Firaun, coba (diam-diam saya berbicara tentang Firaun). Dan itu saya kesambet," kata Cak Nun dikutip redaksi, Rabu (18/1).

Kembali ditegaskan, Cak Nun mengaku pernyataan yang berujung viral di media sosial dan ramai dibahas sejumlah tokoh itu di luar kontrolnya.

"Kuwi aku ra duwe rencana moro-moro cangkemku mak pecotot (Saya tidak ada rencana, tahu-tahu mengucap) Firaun, Haman, Qarun. Itu di luar rencana saya dan sama sekali di luar kontrol saya," sambung Cak Nun.