Tingkatkan Taraf Hidup Warga, Dispusip Bangkalan Fasilitasi Pelatihan

Pelatihan untuk warga Bangkalan
Pelatihan untuk warga Bangkalan

Upaya mendorong meningkatkan taraf hidup masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Bangkalan memberi pelatihan kepada warga di Bangkalan.


Pelatihan Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dilangsungkan, pada Rabu pagi (18/01/2023) diikuti lebih dari 40 orang warga dari beberapa kecamatan yang ada di Bangkalan.

Kepala Bidang Pengolahan, Layanan dan Pemeliharaan Bahan Perpustakaan, Anik Susanti, mengatakan fungsi perpustakaan bukan lagi hanya sebagai fasilitas baca dan penyedia buku. Berkembang lebih dari itu perpustakaan memiliki cakupan lebih luas, yaitu program meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Jadi perpustakaan itu bisa dijadikan tempat atau fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan ilmu menurut kebutuhan bidang yang ditekuni," ucap Anik.

Anik tak menampik bahwa minat baca masyarakat Bangkalan tergolong rendah. Oleh karena itu, ia berharap melalui program ini bisa memenuhi kebutuhan ilmu bagi semua lapisan masyarakat, baik yang minat membaca atau yang tak bisa membaca.

Kata Anik, melalui usaha ini masyarakat bisa meningkatkan taraf hidupnya melalui praktik dengan bekal pengetahuan  yang didapat selama pelatihan. 

Upaya Dispusip dalam memenuhi kebutuhan keilmuan yang dibutuhkan warga, selain menyediakan buku-buku. Dinas juga memfasilitasi dengan mengadakan seminar yang menghadirkan narasumber menurut kebutuhan bidang diinginkan kelompok peserta.


ikuti update rmoljatim di google news