Erick Thohir Ingin Wujudkan Mimpi Jokowi Sambungkan Jalan Tol Lampung-Aceh 

Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir/Net
Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir/Net

Menteri BUMN Erick Thohir berupaya mewujudkan mimpi Presiden Joko Widodo agar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tersambung.


"Mimpi besar kita menyambungkan Sumatera, dari ujung Aceh hingga Lampung. Harapannya, bisa muncul pertumbuhan ekonomi baru di wilayah-wilayah yang dilewati tersebut," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (22/1).

Sejak awal, kata Erick, Kementerian BUMN yang dipimpinnya fokus dalam menerjemahkan arahan Jokowi dalam meningkatkan infrastruktur seperti jalan tol Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa seperti Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

BUMN sebagai sepertiga kekuatan ekonomi bangsa memandang bahwa infrastruktur memegang peranan penting agar Indonesia dapat bersaing dengan negara lain.

"Presiden begitu peduli dengan hal ini, kalau kita lihat, biaya logistik Indonesia masih cukup tinggi mencapai 23 persen atau lebih tinggi dari rata-rata dunia yang sebesar 13 persen,” tekan Erick dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

PT Hutama Karya (Persero) menargetkan lima ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) rampung pada tahun ini, diantaranya Tol Simpang Indralaya - Muara Enim, Indrapura - Kisaran, Binjai - Langsa, Sigli - Banda Aceh, dan Tol Pekanbaru - Padang.

Hingga saat ini Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang kurang lebih 1.064 km dengan 465 km ruas tol konstruksi dan 599 km ruas tol operasi.