YABHYSA Peduli Tuberculosis di Kabupaten Pasuruan

Para undangan yang menghadiri konferensi pers bersama YABHYSA
Para undangan yang menghadiri konferensi pers bersama YABHYSA

Yayasan Bhanu Yasa Sejahtera (YABHYSA) adalah yayasan satu-satunya yang perduli terhadap penanggulangan penyakit Tuberculosis (TBC).


Rabu (25/01/2023), Yayasan Bhanu Yasa Sejahtera yang diketuai oleh Zulfikri mengadakan pernyataan sikap bersama dalam upaya kolaborasi penanggulangan Tuberculosis di Kabupaten Pasuruan.

Bertempat di Hotel Ascent Premiere, Gading Rejo, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, YABHYSA juga nampak menghadirkan Wakil DPRD Kabupaten Pasuruan H.M. Rusdy Sutedjo dan M. Zaini selaku anggota Komisi 4 DPRD Kabupaten Pasuruan.

Tak hanya DPRD Kabupaten Pasuruan, bahkan dalam kegiatan yang berlangsung nampak dihadiri oleh perwakilan Bappeda, Dinkes, RSI Masyitoh, Ikatan Dokter Indonesia dan pihak terkait lainnya.

Menurut Zulfikri, YABHYSA adalah yayasan yang sangat perduli terhadap orang yang menderita TBC. bahkan dirinya ingin berkolaborasi dengan pihak kesehatan dan dinas terkait untuk menanggulangi banyaknya penderita Tuberculosis di Indonesia.

"TB harus ditanggulangi dikarenakan banyaknya penderita yang kurang sadar akan kesehatannya sendiri. YABHYSA ingin berkolaborasi dengan pihak tekait agar penanggulangan TBC terlaksana dengan baik," jelas Zulfikri selaku Ketua Yayasan Bhanu Yasa Sejahtera.

Disamping itu, H.M. Rusdy Sutedjo Wakil DPRD Kabupaten Pasuruan turut mengapresiasi kegiatan YABHYSA dalam menjalankan misinya untuk menanggulangi penderita penyakit TBC.

"Masyarakat banyak yang salah persepsi terhadap TBC, padahal TBC bisa disembuhkan 100% yang penting tertib perawatan dan penanganannya. Saya mengapresiasi dan sangat mensuport kegiatan yang positif dan bermanfaat terhadap masyarakat di Kabupaten Pasuruan," ujar Rusdy, sapaan akrab Wakil DPRD Kabupaten Pasuruan.

Dalam upaya menanggulangi penularan penyakit Tuberculosis, 31 Puskesmas siap menangani keluhan masyarakat dan sebanyak 70 orang kader aktif disebar ke setiap Kecamatan di Kabupaten Pasuruan untuk merangkul masyarakat.

M. Zaini selaku anggota Komisi 4 dari Fraksi PKS juga sangat menyayangkan adanya anggaran dari BPJS yang terlalu membatasi. Bahkan Zaini juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Yayasan Bhanu Yasa Sejahtera karena sudah mau memfasilitasi keluhan masyarakat tentang penyakit TBC.

"Terimakasih sudah ada lembaga swasta yang mau memfasilitasi masyarakat di Kabupaten Pasuruan dalam menanggulangi penyakit Tuberculosis. Semoga kedepan YABHYSA dapat berkolaborasi dengan baik bersama pihak terkait," pesan M. Zaini.

Untuk perlu diketahui, Tuberculosis adalah suatu penyakit bakteri menular yang berpotensi serius terutama mempengaruhi paru-paru. Bakteri penyebab TB menyebar ketika orang yang terinfeksi mengalami batuk atau bersin.

TB membutuhkan diagnosis medis, kebanyakan orang yang terinfeksi dengan bakteri yang menyebabkan tuberculosis tidak memiliki gejala. Ketika gejala memang terjadi, biasanya berupa batuk berdarah, penurunan berat badan, hilangnya keseimbangan, berkeringat dimalam hari, dan demam.(dim)