Refleksi Kepemimpinan Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin Kembali Digelar

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin (tengah) bersama Forkopimda saat malam refleksi ke-4/Ist
Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin (tengah) bersama Forkopimda saat malam refleksi ke-4/Ist

Refleksi dalam kepemimpinan Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin kembali digelar. Refleksi yang ke-4 tersebut kembali memaparkan capaian kinerja Pemerintah Kota Probolinggo dalam masa kepemimpinan Habib Hadi Zainal Abidin sebagai Wali Kota Probolinggo.


Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin tersebut  dimulai dengan Malam Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Probolinggo dan Pesta Rakyat di Alun-alun Kota Probolinggo pada Minggu malam (29/1).

Pada kesempatan tersebut di hadapan jajaran Forkopimda, Kepala OPD dan masyarakat Kota Probolinggo, Habib Hadi menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan Kota Mangga dan Anggur itu.

"Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Forkopimda, Kepala OPD dan masyarakat Kota Probolinggo. Capaian dan keberhasilan selama empat tahun saya memimpin, tidak akan terwujud tanpa adanya kebersamaan," ujar Habib Hadi dalam sambutannya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (30/1).

Selanjutnya, Wali Kota Probolinggo ke-20 itu menyampaikan sejumlah hasil capaian dan prestasi yang diraih Kota Probolinggo selama ia pimpin.

Mantan anggota DPR RI itu memulainya dari program biaya pendidikan gratis termasuk program prioritas pendidikan bagi anak penyandang disabilitas.

Kemudian biaya kesehatan gratis bagi masyarakat melalui program UHC (Universal Health Coverage), kerja sama dengan BPJS Kesehatan yang telah mencapai 99,41 persen dari total jumlah penduduk.

Selain itu, bidang layanan kesehatan juga ditopang dengan pembangunan rumah sakit baru (RSUD Ar-Rozy), ambulans siaga di setiap kelurahan, mobil jenazah dan penambahan sejumlah alat dan teknologi kesehatan.

"Pendidikan bagi anak penyandang disabilitas ini juga tak boleh kita lupakan, karena mereka berada di tengah-tengah kita. Biaya kesehatan gratis Alhamdulillah saat ini sudah mencapai 99,41 persen, jadi sudah tidak ada alasan masyarakat tak mendapat layanan kesehatan," tegasnya.

Layanan bagi rumah ibadah, guru ngaji dan guru minggu juga menjadi perhatian Wali Kota Probolinggo.

Bantuan biaya listrik untuk rumah ibadah dan insentif secara bertahap telah digulirkan Pemkot Probolinggo.

UMKM dan nelayan diberdayakan Pemerintah Kota Probolinggo dengan BPJS Ketenagakerjaan. "Prinsipnya adalah selama bisa memberi manfaat bagi masyarakat mengapa tidak kita lakukan," ungkap Habib Hadi.

Capaian Pemerintah Kota Probolinggo dalam kepemimpinan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin tercatat telah menorehkan 32 prestasi dan penghargaan baik berskala internasional, nasional, maupun regional.

"Refleksi ini sebagai informasi secara langsung kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak terbawa oleh arus dinamika informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kami berharap warga Kota Probolinggo, tetap menjaga kedamaian, kerukunan, dengan hal itu kita bisa melangkah bersama untuk kemajuan Kota Probolinggo," pungkasnya.[adv]