Truk Muat Sabut Kelapa Terbakar saat Melaju, Sang Sopir Cari Tempat Sepi

Caption: Truk bermuatan sabut kelapa mendadak terbakar di Banyuwangi/repro
Caption: Truk bermuatan sabut kelapa mendadak terbakar di Banyuwangi/repro

Truk yang bermuatan sabut kelapa mendadak terbakar saat melaju di Jalan Yos Sudarso, Banyuwangi. Meski dalam kondisi terbakar, sang sopir berinisiatif membawa kendaraan tersebut ke tempat yang sepi, agar tidak memakan korban.


Pengemudi truk L9357UB, Candra Gunawan (31) warga Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi mengatakan, kejadiannya sekitar pukul 9.30 WIB saat menuju ke tempat pembuangan sabut kelapa.

Setibanya di lampu merah Sukowidi, tiba-tiba terjadi korsleting pada mesin kiri bagian depan, sehingga membakar bagian dalam kap truk.

Sang sopir berupaya memadamkan api dengan stok air minum yang dibawanya. Namun, kobaran api terus membesar.

Karena kondisi sekitar sedang ramai kendaraan lain, Candra berinisiatif tidak berhenti di lampu merah Sukowidi. Khawatir menimbulkan dampak.

“Saya kebut kendaraannya ke utara untuk mencari lokasi yang lebih sepi. Karena di sekitar lampu merah tadi sedang ramai, takutnya terjadi apa-apa,” ujarnya, Senin (30/1).

Setibanya di sebelah utara sebuah dealer mobil, Candra, terus berupaya menghentikan laju kendaraannya.

Setelah lajunya melambat, Candra turun dari kemudi. Kondisi api di dalam kap truknya terus membesar. Sembari membawa bahan bakar truk di jeriken, karena ada problem pada tangki.

“Selang tangki BBM sudah buntu,” sebut Candra.

Kendaraan itu tetap melaju tanpa sopir sekitar 100 meter. Truk baru berhenti di depan rumah setelah menabrak mobil lain yang berhenti, dengan kondisi api yang terus membara.

“Tadi mobil yang ditabrak langsung jalan,” ujar Danramil Kalipuro, Kapten CBA Guntur yang datang ke lokasi.

Seketika itu, warga yang dekat lokasi berinisiatif memadamkan api menggunakan air dengan timba dan selang. Dua unit mobil damkar tiba di lokasi, setelah kobaran api mulai mengecil.

Peristiwa ini sempat membikin macet Jalan Yos Sudarso dari arah selatan ke utara. Dari arah sebaliknya, para pengendara yang melintas memperlambat laju kendaraan untuk melihat situasi.

Beberapa pengendara terlihat merekam kejadian tersebut. Petugas Kepolisian dari Polsek Kalipuro dan Unit Gakkum Satlantas Polresta Banyuwangi juga sudah tiba di lokasi kejadian.