AHY Dan Renville Antonio Promosikan Wisata Petik Apel Batu Malang

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Founder Overlanding Indonesia Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkunjung ke desa wisata Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, kota Batu pada Senin (6/2/2023).


Dalam kesempatan itu, AHY yang ditemani Ketua Overlanding Indonesia Renville Antonio, terlihat panen apel Anna dan Manalagi sambil mempromosikan pariwisata di desa itu lewat akun instagramnya.

"Pada hari ini kita senang berkunjung kesini dan dapat memetik apel disini.  Rasanya segar dan manis," kata AHY.

AHY juga terlihat berkeliling ke kebun apel dan memenuhi keranjang yang dibawanya dengan apel Anna dan Manalagi. Tak lama kemudian, Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat itu menuju kasir dan memborong puluhan kilogram apel asli kota batu itu dan membagikannya kepada pengunjung.

"Ini untuk dibawa pulang buat istri dan anak kalian," katanya.

Setelah memetik apel, AHY juga memborong dagangan warga setempat. Ada susu kambing etawa, siomay dan eskrim yang berasal dari bahan susu sapi. Dia kemudian mengeluarkan beberapa lembar uang ratusan ribu dan diberikan kepada penjual.

"Terimakasih mas AHY, hari ini sudah dibeli semuanya," kata Turin penjual susu kambing etawa.

Menurut AHY, kedatangannya bersama komunitas Overlanding Indonesia adalah untuk mempromosikan pariwisata yang ada di kota batu itu. Dia berharap apel yang dihasilkan kota Batu bisa dipasarkan di beberapa wilayah di Indonesia.

"Petani kita menghasilkan apel berkualitas dan dipasarkan dengan baik. Produk yang dihasilkan akan memenuhi permintaan masyarakat tidak hanya di kota Batu, tetapi dan wilayah lainnya," tambahnya.

AHY berharap agar pertanian di desa Tulungrejo bisa lebih maju. Sehingga, kesejahteraan para petani bisa meningkat. AHY mengaku akan memperjuangkan aspirasi petani yang mengeluh karena pupuk langkah dan mahal di pasaran.

"Kita akan memperjuangkan agar harga pupuk lebih murah, bisa dijangkau. Kita akan perjuangkan lewat teman-teman yang ada di dewan," jelasnya.

Dari pantauan, selain berkunjung ke perkebunan apel, AHY bersama ketua Overlanding Indonesia Renville Antonio dan puluhan anggota komunitas itu melakukan offroad mengelilingi alam di lereng pegunungan arjuna. AHY juga terlihat mengunjungi pura Luhur Giri Arjuna, yang ada di Lereng Gunung Arjuno.

"Kami bersyukur bisa menikmati pemandangan alam di desa Tulungrejo. Kami juga menggunakan kendaraan offroad menyusuri alam dengan pemandangan yang sangat sejuk," tambahnya.