Sering Alami Kesulitan Air Bersih, Bupati Bondowoso Berikan Bantuan Sumur Bor

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Dalam mengantisipasi kekeringan dan kekurangan air bersih, pemkab Bondowoso melakukan pengeboran sumur di desa Purnama, Kecamatan Tegalampel, Kamis (9/2).


Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat memberikan bantuan sebuah sumur bor ke warga Desa Purnama tersebut.

Kepala Desa Purnama, Sholeh mengaku senang dengan bantuan tersebut. Pasalnya, air dari sumur bor dapat digunakan warganya untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga tidak lagi kesulitan air bersih.  

" Terima kasih Bapak Bupati atas bantuan sumur bor yang diberikan," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Salwa berpesan kepada seluruh warga Desa Purnama agar bisa menggunakan air sehemat mungkin dan seperlunya. Warga juga diminta untuk menjaga fasilitas tersebut agar tetap digunakan dalam jangka panjang.  

"Jaga paralon, kran dan saluran air agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Jangan rebutan," pesannya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Bondowoso, Dadan Kurniawan mengungkapkan bahwa untuk membangun sumur bor di desa tersebut, petugas terkendala struktur tanah bebatuan dan beberapa kali melakukam pengeboran namun gagal.  

"Akhirnya kali ini berhasil dan mengeluarkan debit air 1 liter/ detik," katanya. 

Sebelum adanya sumur bor, warga setempat cukup kerepotan mendapatkan air bersih. Bahkan, untuk mendapatlan air mereka harus menempuh jarak 1.5 kilo dari rumah. 

Secara geografis, Desa Purnama berada di wilayah ketinggian, meskipun letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Bondowoso.