Banting Setir dari Ganjar, Joman Beralih Dukung Prabowo Subianto

Koferensi pers Jokowi Mania (Joman)/RMOL
Koferensi pers Jokowi Mania (Joman)/RMOL

Arah dukungan pencalonan presiden tahun 2024 oleh relawan Jokowi Mania (Joman) bisa dibilang banting setir, karena berbalik 180 derajat dari kontestasi sebelumnya, yaitu mendukung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang notabene lawan politik petahana Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019 lalu.


Mulanya, Ketua Umum Joman, Immanuel Ebenezer mengatakan, pihaknya telah selesai memetakan sejumlah tokoh bakal calon presiden (bacapres) yang mengemuka beberapa bulan ini.

Katanya, mulai dari nama Ketua DPR RI Puan Maharani, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang merupakan sosok yang didukungnya sebelum akhirnya Relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania dibubarkan.

“GP punya sosok baik. Kami tidak pernah memposisikan kader bangsa di Pemilu 2024 adalah orang-orang yang tidak memiliki integritas,” ujar sosok yang kerap disapa Noel ini dalam jumpa pers di Kantor DPP Joman di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (15/2).

Dari 3 nama selain Ganjar itu, Noel menyatakan bahwa Joman akhirnya menetapkan satu nama yang secara kriteria paling cocok untuk didukung pada Pilpres 2024 mendatang.

“Menurut saya, bicara tentang Jokowi, bicara Puan, bicara Anies Baswedan, diskusi juga tentang Pak Prabowo, dalam diskusi itu semua isinya positif semua. Tidak ada sinisme politik,” sambungnya menegaskan.

Disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Joman, Akhmad Gojali, sosok yang ditetapkan Joman untuk didukung sebagai capres 2024 adalah Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

“DPP Joman memutuskan untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai capres 2024-2029,” demikian Ahkhmad Gojali menambahkan.