Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik, Bupati Malang Dukung Reformasi Birokrasi Berdampak

Bupati Malang, H Sanusi memakai peci hitam (tengah) saat menerima Kunker Menteri PAN-RB/Ist
Bupati Malang, H Sanusi memakai peci hitam (tengah) saat menerima Kunker Menteri PAN-RB/Ist

Tingkatkan kinerja pelayanan publik dan Reformasi Birokrasi di masa yang akan datang menuju World Class Government, Bupati Malang, HM Sanusi mendukung reformasi birokrasi berdampak.


Hal itu disampaikan H Sanusi saat menerima kunjungan kerja (Kunker) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas beserta jajarannya di Pendopo Agung Kabupaten Malang. Jumat (17/2).

"Pertama-tama atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, kami mengucapkan selamat datang di Kabupaten Malang kepada Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk dapat hadir ke wilayah Kabupaten Malang. Tentu merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat menerima kunjungan Bapak Menteri  PAN-RB. Dimana hal ini juga merupakan wujud perhatian dari Pemerintah Pusat kepada kami," ungkap H Sanusi dalam sambutannya.

Ia juga mengatakan, bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi selama ini telah banyak memberikan atensinya terhadap jalannya roda pemerintahan di tingkat daerah.

Pemkab Malang sendiri sangat termotivasi dengan dukungan dan pendampingan yang diberikan, termasuk melalui evaluasi terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan Pemkab Malang.

"Dimana hal ini juga bertujuan untuk melihat sejauh mana kemajuan pelaksanaan program Reformasi Birokrasi dalam rangka mencapai sasaran, yaitu mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel, serta birokrasi yang mampu memberikan pelayanan publik secara prima," tuturnya.

H Sanusi berpesan, Pendidikan Pelatihan (Diklat) pada ASN untuk meningkatkan kompetensi, agar reformasi birokrasi di Kabupaten Malang semakin meningkat.

"Pemkab Malang harus terus meneguhkan komitmen untuk mewujudkan ASN profesional dan cerdas, melalui penguatan budaya kerja, sesuai dengan Core Values ASN BerAKHLAK sebagai strategi transformasi pengelolaan ASN, menuju World Class Government. Mudah-mudahan melalui kesempatan ini pula, akan ada banyak manfaat yang kita peroleh, demi peningkatan kinerja pelayanan publik dan Reformasi Birokrasi di masa yang akan datang, sehingga keinginan untuk menuju World Class Government benar-benar dapat kita wujudkan bersama," tandasnya.

Sementara itu, Menteri Azwar Anas dalam arahannya menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo mengenai Reformasi Birokrasi. Ada 3 garis besar arahan Presiden Jokowi, meliputi birokrasi yang berdampak dirasakan langsung oleh masyarakat, kemudian reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas, dan terakhir birokrasi yang lincah dan cepat.

"Penerapan reformasi birokrasi (RB) tematik dengan menerjemahkan arahan Presiden Jokowi meliputi RB Pengentasan Kemiskinan, RB Peningkatan Investasi, RB Percepatan Prioritas Aktual Presiden, dan RB Digitalisasi Administrasi Pemerintahan," terangnya.

"Kemudian RB Tematik bertujuan mempercepat manfaat program pembangunan, dengan keharusan berkontribusi langsung ke program prioritas Presiden, serta mempercepat penyelesaian permasalahan utama di masyarakat. Dengan fokus pengentasan kemiskinan, memudahkan investasi, akselerasi digitalisasi administrasi pemerintahan, dan tematik Prioritas Presiden," imbuhnya.

Nampak hadir juga pada kegiatan tersebut, Jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB, Asisten deputi kemenpan RB, Jajaran Kepala Perangkat Daerah Kabupten Malang, serta Camat, Lurah dan perwakilan Kepala Desa Se-Kabupaten Malang.