Pemkot Surabaya Buka Lelang Jabatan Empat Kepala OPD, Ini Kata Wali Kota Eri

Eri Cahyadi/RMOLJatim
Eri Cahyadi/RMOLJatim

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyatakan telah membuka seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (JPT) untuk empat organisasi perangkat daerah (OPD). 


Empat OPD tersebut adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah.

"Sudah diumumkan. Pengumuman maksudnya pendaftaran. Jadi syarat-syaratnya sudah kita diskusikan, karena kan untuk melakukan lelang jabatan itu kan kita mengajukan pansel, sampai ke KASN, provinsi itu udah meluncur. Jadi saya berharap sebanyak-banyaknya yang daftar," kata Wali Kota Eri dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (18/2).

Wali Kota Eri menambahkan, dengan dibukanya lelang jabatan untuk menahkodai dinas atau badan ini, ia berharap agar ASN yang memiliki kamampuan segera mendaftar.

Tentunya harus memiliki sejumlah syarat yang dibutuhkan dalam pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (JPT) tersebut.

"Eselon yang disyaratkan. Eselon 2 kan pasti ada syarat - syaratnya. Kalau sesuai ya daftar aja sebanyak-sebanyaknya. Tapi gak ada yang disuruh, karena semua harus ikut," jelasnya.

Menurut mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, pembukaan seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (JPT) tidak terlalu lama.

Pasalnya empat organisasi perangkat daerah (OPD) ini tersebut sudah kosong sehingga membutuhkan pemimpin yang bertanggungjawab penuh.

"Tujuh hari kayaknya. Insyaallah seminggu karena saya gak apal pengumumane. Biar cepetlah, masak PLT terus," ungkapnya.

Nah, setelah pendaftaran ditutup, kata Wali Kota Eri, pihak panitia seleksi (pansel) akan segera bekerja.

"Setelah itu kan nanti ada pansel. Mereka ada tahapannya. Nanti lihat saja di pengumumannya," pungkasnya.

Seperti diberitakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (JPT) untuk empat organisasi perangkat daerah (OPD). 

Lelang kursi kepala dinas tersebut dibuka mulai 14 Februari 2023 hingga 20 Februari 2023 mendatang. 

Pencarian pengisi lokomotif di OPD itu membutuhkan sosok yang profesional dan dinamis.

Pembukaan pendaftaran untuk seleksi jabatan sudah diunggah ke laman surabaya.go.id.

Dalam informasi dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (17/2), dicantumkan empat OPD yang siap menerima pemimpin baru hasil seleksi. 

Dinas atau Badan yang bisa diisi meliputi Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana

Lalu Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan, kemudian Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah.

Seleksi kali ini pun ada kualifikasi umum dan kualifikasi khusus. Nah untuk kualifikasi umum terdapat 18 poin yang harus dilengkapi para pelamar diantaranya.

Pelamar juga diperbolehkan dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berasal dari luar Surabaya, tetapi dalam wilayah Provinsi Jawa Timur.

Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan.

Memiliki pengalaman Jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan Jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 tahun.

Pada saat mendaftar sedang menduduki Jabatan Administrator atau Jabatan Fungional Ahli Madya secara komulatif paling singkat 2 tahun.

Memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik;

Berusia setinggi-tingginya 56 tahun pada saat dilantik. Kemudian Sehat jasmani dan rohani.

Mendapatkan surat persetujuan atau rekomendasi dari Atasan Langsung bagi yang berstatus PNS Pemerintah Kota Surabaya atau surat rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) bagi yang tidak berstatus PNS Pemerintah Kota Surabaya.

Bebas narkotika, psikotropika, dan zat aditif lainnya.

Memiliki pangkat golongan ruang sekurang-kurangnya Pembina (IV/a).

Telah mengikuti dan lulus Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Administrator (Tingkat III) atau memiliki ijazah S2 yang telah diakui.

Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang dan atau tingkat berat, serta tidak sedang menjalani hukuman disiplin atau tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021, serta tidak sedang dalam pemeriksaan perkara pidana.

Telah menyampaikan Laporan Pajak Tahunan Pribadi Tahun 2022 dengan melampirkan fotokopi bukti pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Tahun 2022.

Setiap unsur penilaian prestasi kerja PNS sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir yaitu tahun 2021 dan 2022.

Memiliki Visi, Misi dan Target peningkatan kinerja Organisasi Perangkat Daerah yang disajikan secara tertulis dalam bentuk makalah (dikumpulkan hard copy dan soft file maksimal pada tanggal 21 Februari 2023).

Diutamakan pernah menduduki Jabatan Administrator (eselon 3) pada 3 (tiga) OPD yang berbeda.

Dan yang terakhir, untuk setiap calon atau pelamar diperbolehkan untuk mendaftar atau melamar paling banyak 2 (dua) jabatan yang lowong.

Sedangkan untuk kualifikasi khusus pada JPT Pratama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana harus berpendidikan Sarjana/Diploma IV.

Dengan pengalaman bidang jabatan Pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan KB/ sosial/Kebijakan Publik / Kemasyarakatan / Teknik.

Untuk JPT Pratama Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Dan Perdagangan harus berpendidikan Sarjana / Diploma IV. Dengan pengalaman bidang jabatan Ekonomi/Keuangan/ Perdagangan/ Perindustrian/Kebijakan Publik/Sosial/Teknik.

Lalu JPT Pratama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah harus berpendidikan Sarjana / Diploma IV. Dengan pengalaman bidang jabatan Penanggulangan Bencana / Ketentraman Dan Ketertiban Umum/- Perlindungan Masyarakat / Sosial / Kebijakan Publik/ Kemasyarakatan / Teknik.

Sedangkan JPT Pratama Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah harus berpendidikan Sarjana / Diploma IV. Dengan pengalaman bidang jabatan Keuangan/Hukum / Aset/ Kebijakan Publik / Kemasyarakatan / Teknik.

Untuk jadwal seleksinya Pengumuman dan pendaftaran tanggal 14 - 20 Februari 2023. 

Seleksi administrasi dan batas akhir pengumpulan makalah tanggal 21 Februari 2023.

Pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 22 Februari 2023.

Seleksi Kompetensi Jabatan (Assesment) tanggal 23 Februari 2023.

Pengumuman hasil seleksi kompetensi jabatan 24 Februari 2023.

Ujian tulis dan wawancara akhir dan pemaparan visi, misi, target peninkatan kerja perangkat daerah (PD) tanggal 25 - 26 Februari 2023.

Pengumuman 3 calon terbaik tanggal 28 Februari 2023.