Inovasi Aplikasi LOVEPEMILU Dukcapil Madiun Permudah Pendataan Petugas Pantarlih

Keterangan foto: Layer Aplikasi LOVEPEMILU inovasi dukcapil kabupaten Madiun/ist.
Keterangan foto: Layer Aplikasi LOVEPEMILU inovasi dukcapil kabupaten Madiun/ist.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten Madiun membuat inovasi aplikasi yang diberi nama "LOVEPEMILU' (Layanan Online Verifikasi Lapangan Coklit Pemilu). 


Untuk bisa menjalankan aplikasi ini, dukcapil bekerjasama dengan KPU Madiun. Kepala dinas dukcapil Sigit Budiarto melalui Plt sekretaris dinas Ahmad Sopingi menyampaikan tujuan daripada aplikasi tersebut, mempermudah petugas dan masyarakat memperbaiki maupun mengupdate dokumen kependudukanan di rentang waktu pendataan oleh petugas Pantarlih.

"Jadi momen pemilu ini yang kita manfaatkan untuk pemuktahiran data. Karena DP4 yang kita terima ini masih data kotor artinya, data yang masih harus di fix kan karena masih ada saja persoalan di masyarakat. Seumpama keluarga meninggal tidak dilaporkan atau orangnya ada namun datanya tidak ada begitu sebaliknya," kata Ahmad Sopingi dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (21/2).

Ahmad Sopingi pun menjelaskan juga beberapa layanan yang ada dalam aplikasi "LOVEPEMILU" tersebut diantaranya: layanan pelaporan kematian penduduk, laporan penonaktifan atau hapus Kk dan NIK tidak valid. Kemudian pencetakan KTP bagi perubahan status dan penerbitan akta kematian atau kartu keluarha secara massal. Kemudian layanan pencarian atau tracking dan pengembalian data hilang karena anomali data (data tidak ada di DP4).

Sementara itu ketua KPU Kabupaten Madiun, Ali Nur Wahyudi saat dihubungi melalui saluran telepon mengakui kerjasama dengan dinas kependudukan dan pencatatan sipil cukup membantu kerja KPU dalam verifikasi coklit pemilu.

"Alhamdulillah, kerjasama dengan dukcapil lewat aplikasi itu sangat membantu kerja kami dilapangan," pungkas Ali Nur Wahyudi.

Sekedar diketahui, layanan aplikasi LOVEPEMILU sudah bisa di akses pada 12 Februari sampai 14 Maret 2023. di No WA 08810268420009 Atau bisa klik tautan bit.ly/lovepemilu