Gelar Kirab Piala Adipura, Bupati Sanusi Minta Tak Jumawa dan Cepat Merasa Puas

Bupati Malang H M Sanusi saat memberikan sambutan di kegiatan Kirab Piala Adipura/Ist
Bupati Malang H M Sanusi saat memberikan sambutan di kegiatan Kirab Piala Adipura/Ist

Bupati Malang H M Sanusi bersama Forkopimda Kabupaten Malang, yakni Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana, Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu, Letkol Inf Taufik Hidayat dan Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat melakukan kirab Piala Adipura, atas didapatkannya predikat Adipura 2022 ke- 12 kalinya, pada kategori kota kecil terbersih.


Dalam kesempatan itu, Bupati Sanusi meminta agar seluruh pihak tidak jumawa dan cepat merasa puas atas prestasi ini. 

"Dari capaian ini, jangan jumawa dan cepat merasa puas. Semoga prestasi ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan di tahun-tahun yang akan datang. Ke depan, edukasi tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, tanpa polusi dan tanpa sampah akan terus dikampanyekan kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Malang. Tujuannya, agar rutinitas tersebut dapat menjadi kebiasaan bagi warga dalam menjalankan kehidupan sehari-hari," ujarnya, Senin (6/3).

Bupati Sanusi mengapresiasi atas keberhasilan Kota Kepanjen sebagai Ibu kota Kabupaten Malang yang telah meraih Piala Adipura untuk yang ke 12 kali katagori kota kecil tersebut. 

"Raihan Piala Adipura ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Kepanjen dan Kabupaten Malang. Tentunya harapan ke depan dapat meningkat ke Adipura Kencana,” ujarnya.

“Tentu hasil kerja keras ini, dari seluruh lapisan masyarakat dan juga instansi terkait yang menangani masalah kebersihan dan persampahan. Hakikatnya penghargaan ini di tujukan kepada masyarakat Kabupaten Malang, khususnya warga kepanjen yang telah menjaga lingkungan ini untuk generasi penerusnya," lanjutnya.

Saat melakukan kirab, Bupati Sanusi bersama Forkopimda menggunakan kendaraan Jeep terbuka, kirab Piala Adipura dimulai dari Pendapa Agung Kabupaten Malang di Jalan KH Agus Salim Kota Malang, menuju Pendapa Kabupaten Malang Jalan Panji Kepanjen.

Setiba di Pendopo Kabupaten Malang, Piala Adipura diserahkan kepada Camat Kepanjen R Ichwanul Muslimin. Selanjutnya piala dikirab lagi keliling Kota Kepanjen oleh Muspika Kecamatan Kepanjen. 

Prosesi kirab Piala Adipura juga dilanjutkan dengan penyerahan potongan tumpeng oleh Bupati Malang Sanusi kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang, Tito Febrianto.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Malang Tito Febrianto mengatakan ada beberapa aspek yang dinilai pada penilaian Piala Adipura ini.

"Diantaranya aspek jalan, lalu lintas, kebersihan hingga penataan lingkungan yang bekerjasama dengan Polres Malang serta Dishub. Kemudian pihak sekolah yang juga mendukung melalui Adiwiyata. Dan juga dari aspek kebersihan pasar tradisional," pungkasnya. 

Sebagai informasi, Piala Adipura merupakan penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Kabupaten Malang berhasil meraih prestasi ini dalam program zero waste, zero emission dan 250 unit Bank sampah serta Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS3R) di 40 lokasi.