Megawati Masih Nunggu Momen Tepat Umumkan Calon Presiden 2024

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri/Ist
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri/Ist

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih menyimpan rapat sosok bakal calon presiden yang akan diusungnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.


Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini mengaku masih menunggu momen tepat untuk mengumumkan kepada publik.  

Apalagi, saat ini PDIP menilai masih ada waktu sebelum memutuskan sosok yang terbaik untuk disodorkan kepada rakyat. Di PDIP sendiri kewenangan itu sudah clear ada di tangan Megawati sebagaimana mandat kongres partai.

"Masih ada waktu untuk melakukan perhitungan kalkulasi secara matang bagi Ibu Megawati untuk mengumumkan calon yang tepat," kata Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (7/3).

Hingga saat ini, hanya PDIP yang belum membahas secara mengerucut soal sosok bakal calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024. Hal tersebut berbeda dengan parpol peserta pemilu lain yang bahkan sudah membentuk koalisi.

Sebut saja Golkar, PPP, dan PAN dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Koalisi ini digadang-gadang akan mengusung Airlangga sebagai capres. Sementara Koalisi Perubahan yang berisi Nasdem, Demokrat, dan PKS sudah lantang akan mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Sementara Gerindra dan PKB juga berada dalam satu gerbong Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Meski belum resmi mengusung sosok, namun Gerindra sudah berani mengusung Prabowo Subianto sebagai kandidat bacapres 2024.