Sambut Anies, Relawan Bikin Video Parikan Suroboyo

Seniman Suroboyo Oyon Zimbar merilis video pendek Parikan Suroboyo 'Mlaku-Mlaku nang Tunjungan' untuk menyambut kehadiran Anies Baswedan/repro
Seniman Suroboyo Oyon Zimbar merilis video pendek Parikan Suroboyo 'Mlaku-Mlaku nang Tunjungan' untuk menyambut kehadiran Anies Baswedan/repro

Seniman Suroboyo Oyon Zimbar merilis video pendek Parikan Suroboyo 'Mlaku-Mlaku nang Tunjungan' untuk menyambut kehadiran Anies Baswedan di Kota Pahlawan. Video parikan pendek itu sudah beredar lewat Whatsapp Groups dan sudah ditonton ratusan pemirsa sejak dirilis Sabtu (11/3).


''Tak butuh waktu lama untuk menggarap video pendek parikan Suroboyo itu. Hanya satu jam saja, sebab semua bahan sudah tersedia dan clear dari aspek hak cipta,'' papar alumni Sekolah Tinggi Kesenian 'Wilwatikta' jurusan Seni Musik ini kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Disinggung biaya pembuatan, secara tegas Oyon menyebut video itu tak ada yang membiayai. ''Gak ada yang membiayai. Video itu hasil spontanitas saja, sebab ada salah-satu relawan yang mengusulkan perlunya parikan menyambut Anies. Saat itu juga saya tercetus ide bikin video. Lalu, langsung jadi,'' urai dia.

Oyon termasuk seniman profesional. Di luar kegiatan kerelawanannya, ia menggarap banyak video city branding dan dari berbagai perusahaan. Ia sudah menjalani profesinya lebih dari tiga dekade dan jaringan bisnisnya sudah menasional. Namun, ia selalu tampil ''low profile''.

''Sehari-hari saya ya begini ini. Untuk kegiatan kerelawanan, saya tergabung di Barisan Relawan Anies Baswedan 2024 (BARA 24). Untuk Jawa Timur, dipimpin oleh Haji Munawir dari Sidoarjo,'' papar dia.

Selain menggarap video relawan secara probono, Oyon juga telah mengelola Channel Youtube @AniesIndonesia. Kanal ini sudah dikelolanya sejak Agustus 2022. Sejumlah video juga sudah diunggahnya di kanal tersebut.

Direncanakan, Anies Baswedan akan tur ke sejumlah titik di Surabaya dan juga ke Sampang pada 17-19 Maret 2023. Salah-satu lokasi yang akan dituju Anies adalah kawasan bersejarah, Tunjungan.