Gresik Jadi Tuan Rumah Turnamen BLiSPI Youth Cup 2023

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSPI) mengelar turnamen Youth Cup kategori U-12 putra dan U-16 putri, yang berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro (G-Jos) Gresik.


Ketua Umum BLiSPI Subagja Suihan menuturkan, turnamen digelar bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik serta manajemen Gresik United. 

Turnamen berlangsung mulai 11-14 Maret 2023, dan diikuti 24 tim dari 16 Provinsi. 8 tim diantaranya berasal dari Provinsi Jawa Timur," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (12/3).

Ia mengatakan, turnamen tersebut merupakan agenda untuk menyeleksi pemain muda berbakat di Indonesia yang nantinya akan dikirim ke Kuala Lumpur Malaysia.

“Rencana semula ada 34 peserta, namun dikarenakan situasi dan kondisi yang kurang memungkinkan jadi dipersempit menjadi 24 peserta,” ucapnya.

"Regulasi untuk pemain dengan kategori U-12 putra, yakni dengan ketentuan pemain kelahiran maksimal tahun 2011 dan 2012. Sedangkan untuk Putri U-16 pemain kelahiran 2007, 2008 dan 2009," tuturnya.

Sementara untuk venue BLiSPI Cup 2023, Subagja menjelaskan telah diputuskan dengan menggunakan dua lapangan pertandingan. “Jadi, untuk venue lapangan akan dihelat di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik dan Stadion Semen Gresik,” ungkapnya.

Subagja menambahkan untuk gelaran partai final, akan diselenggarakan di Stadion Gelora Joko Samudro. Tim talent scouting akan menentukan 12 pemain terbaik kategori putra U-12, dan kategori putri U-16 yang nantinya masuk training centre.

“Bagi para pelatih dan para pembina agar disampaikan kepada orang tua dari sekarang, bahwa pada tanggal 14 Maret, timnas pelajar Indonesia yang terpilih akan masuk dalam training center, dan pada tanggal 17 kita bertolak ke Kuala Lumpur dari bandara Juanda Surabaya,” tandasnya.