Loyal dan Tidak Ambisius, PDIP Harusnya Bisa Calonkan Puan Sebagai Capres

Puan Maharani /net
Puan Maharani /net

PDI Perjuangan kembali disarankan segera mendeklarasikan Puan Maharani sebagai calon presiden dari internal partai untuk berkompetisi pada Pemilu 2024.


Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, menilai, Puan sangat memenuhi syarat sebagai Capres, dan sangat layak diusung PDI Perjuangan.

“Loyal dan memiliki ikatan kebatinan dengan ideologi Bung Karno, itu jelas mengarah pada sosok Puan Maharani,” kata Dedi, kepada Kantor Berita Politik RMOL, melalui sambungan telepon, Senin (13/3).

Menurut dia, selain kader yang dijamin loyalitasnya, Puan juga terbukti tidak terlalu ambisius dan ngotot maju pada gelaran Pilpres 2024.

Ketua DPR RI itu dinilai taat pada aturan main dan taat keputusan DPP PDIP, bahwa untuk pencapresan menunggu keputusan ketua umum, Megawati Soekarnoputri.

“Itu bisa jadi bukti kepatuhan Puan pada keputusan ketua umum PDIP,” katanya.

Lagipula, tambah pengamat politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu, jika Puan Maharani segera dideklarasikan, partai berlambang banteng itu jelas diuntungkan.

“Karena pemilih bisa mendapat kepastian lebih awal, dan bisa digunakan untuk menyusun strategi pemenangan lebih awal pula,” tandanya.