KONI Sahkan Dua Cabor Baru: IBCA dan IPF 

Ketum KONI Pusat Marciano Norman bersama Cabor yang baru gabung di Rakernas KONI/RMOLJatim
Ketum KONI Pusat Marciano Norman bersama Cabor yang baru gabung di Rakernas KONI/RMOLJatim

Rapat Kerja Nasional (rakernas) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) 2023 di Jakarta, mengesahkan empat anggota baru dari Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua yakni Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.


Selain mengesahkan empat anggota baru KONI provinsi, Rakernas kali ini juga mengesahkan dua cabang olahraga baru yang bergabung dengan KONI. Kedua cabang olahraga itu adalah Pickleball Federation (IPF) dan bela diri campuran (MMA) amatir yang bernaung di bawah Ikatan Bela diri Campuran Amatir (IBCA).

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, saat penutupan Rakernas mengatakan, ada beberapa keputusan penting yang diambil dalam Rakernas KONI kali ini. Satu di antaranya adalah menerima dua cabang olahraga baru untuk masuk dalam keanggotan mereka.

Selain itu, ada juga pembentukan KONI Provinsi baru, yakni Papua Selatan, Papua Barat Daya, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan. 

Marciano juga mengajak seluruh pihak bersatu dan bekerja lebih keras untuk olahraga prestasi Indonesia.

Hal itu selaras dengan tema rakernas yakni "Sinergitas dan Soliditas Pemangku Kepentingan Olahraga Mengantar Atlet Meraih Juara".

“Tema itu adalah wujud pengabdian kita, wujud semangat kita kepada bangsa dan negara untuk olahraga Indonesia. Mari kita berkontribusi untuk Merah Putih, semoga ini menjadi satu tanda bahwa olahraga ke depan akan semakin maju dan semakin lebih baik," ujarnya saat memberikan sambutan sebagaimana dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (13/3).

Terakhir Marciano meminta dukungan semua pihak untuk memperkuat Sport Intelligence dan Sport Science agar dapat memberikan nilai tambah kepada atlet Indonesia.