Lewat Funbattle Coffee, Para Srikandi di Jatim Berupaya Lahirkan Barista Profesional

Para Srikandi lahirkan barista profesional
Para Srikandi lahirkan barista profesional

Relawan Srikandi Ganjar Jawa Timur (Jatim) menggelar kompetisi persahabatan anak muda dalam meracik kopi atau Funbattle Coffee di Simposium Coffe, Jalan Dr Moch Saleh No 12, Mayangan, Kota Probolinggo, Jatim.


Funbattle Coffee diselenggarakan Srikandi Ganjar Jatim untuk melahirkan barista perempuan yang profesional di Probolinggo. Seperti diketahui, barista kini menjadi salah satu pekerjaan yang banyak digandrungi anak muda.

“Kami melakukan sebuah kegiatan battle tapi tidak begitu serius. Di sini kami saling belajar untuk melahirkan barista baru yang mana mereka bisa menjadi barista, terutama perempuan,” kata Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Jatim Cindy Maghriza di lokasi, Selasa (14/3/2023).

Dalam Funbattle Coffee Srikandi Ganjar Jatim, sebanyak puluhan peserta unjuk kebolehan membuat kopi dengan cita rasa khasnya masing-masing. Mereka meracik kopi dengan dua teknik penyeduhan berbeda, yakni manual brewing dan latte art.

Para peserta tampak percaya diri menunjukkan kemampuannya di depan juri. Cindy mengatakan, kompetisi persahabatan seperti ini memang kerap menjadi ajang calon barista untuk meningkatkan kepercayaan diri sekaligus mengasah keterampilannya.

“Salah satu tujuannya adalah mengasah para barista yang ada di Probolinggo agar mereka makin pede karena di sini memang coffee shop sudah lumayan banyak tetapi barista yang ada di sini harus terus dilatih lagi,” kata dia.

Setelah menyelesaikan Funbattle Coffee, Cindy berharap para calon barista di Probolinggo makin semangat dan percaya diri menggapai profesi yang diinginkan. Cindy juga berpesan kepada mereka agar tidak malu belajar.

“Kami semua di sini pasti bisa dan jangan malu untuk belajar karena kalau  mau belajar, ada niat, pasti akan menjadi barista yang profesional. Semangat buat semuanya, dan perempuan itu memiliki potensi menjadi barista,” tuturnya.

Sementara Juri Funbattle Coffee Srikandi Ganjar Jatim Rafi Zainuri mengatakan para peserta berpotensi menjadi seorang peracik kopi profesional. Pasalnya, Rafi menyebut semangat belajar mereka tinggi.

“Funbattle seperti ini terakhir dilaksanakan di Probolinggo Kota itu 2019. Jadi, sudah tiga tahun sebenarnya kami haus akan kompetisi. Jadi antusiasnya sangat tinggi teman-teman ini,” kata Rafi.

Rafi pun mengapresiasi Srikandi Ganjar Jatim yang telah menggelar Funbattle Coffee di Probolinggo. Rafi pun berpesan kepada para peserta untuk semangat belajar dan tak henti berlatih agar menjadi seorang barista andal.

“Terus latihan, jangan bosen sama proesi, tekuni bidangnya, dan pahami basic-nya. Sisanya perbanyak latihan saja, belajar dari pengalaman,” kata Rafi.

Usai menggelar Funbattle Coffee, Srikandi Ganjar Jatim mengadakan talkshow seputar barista dan coffee shop di lokasi yang sama. Mereka saling berbagi ilmu peracikan kopi, teknik penyeduhan kopi, sampai manajemen coffee shop.