Soal Piala Dunia U20, Dubes Palestina Tidak Ragukan Posisi Indonesia

Duta Besar Palestina, Zuhair Al-Shun/Net
Duta Besar Palestina, Zuhair Al-Shun/Net

Keraguan yang beredar di masyarakat tentang perubahan sikap Indonesia, menyusul kedatangan timnas Israel di Piala Dunia U20, berusaha ditepis oleh Kedutaan Palestina di Jakarta.


Dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta pada Rabu (15/3), Duta Besar Zuhair Al-Shun mencoba untuk meyakinkan masyarakat untuk tidak ragu dengan posisi teguh Indonesia.

"Apa yang ingin saya sampaikan pada kesempatan sore ini adalah satu hal untuk memupus adanya keraguan di kalangan banyak pihak," ujar Dubes.

Mengacu pada pengalaman dan apa yang ia lihat serta rasakan hingga kini, Dubes sangat yakin Indonesia akan terus memberikan dukungan kuatnya terhadap kemerdekaan Palestina.

"Saya meyakini secara tegas bahwasannya dukungan Indonesia terhadap Palestina ini tidak ada keraguan," tegas Dubes.

Menurutnya, Indonesia senantiasa teguh dan konsisten dalam mendukung isu Palestina di forum-forum bilateral, regional dan multilateral.

Dubes merujuk pada upaya Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi yang kembali menyuarakan isu Palestina dengan tegas di Dewan HAM PBB di Jenewa dan pertemuan G20 India.

Lebih lanjut, Dubes mengatakan bahwa apa yang dilakukan Menlu RI, telah mendapat apresiasi dan pengakuan dari Menlu Palestina.

"Menlu Palestina mengutarakan kekaguman beliau kepada ibu Menlu yang sangat kokoh dalam memperjuangkan dan menyuarakan isu-isu Palestina di berbagai forum," pungkasnya dimuat Kantor Berita Politik RMOL.