KASAD Jenderal Dudung Terima Gelar dari Kesultanan Bangkalan

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman menerima penghargaan sebagai Anggota Keluarga Kehormatan Kesultanan Bangkalan. Acara bertempat di Pendopo Agung Rumah Dinas Bupati Bangkalan, Senin (20/3/2023).


Jenderal Dudung yang didampingi istri beserta rombongan disambut langsung Plt Bupati Bangkalan Moh. Mohni yang juga didampingi istri berikut sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan.

Pengangkatan Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman sebagai Anggota Keluarga Kehormatan Kesultanan Bangkalan dilakukan langsung oleh Ketua Yayasan Kesultanan Bangkalan, R.P. Abd Hamid Mustari Cakradiningrat.

Dengan ditandai penerimaan pusaka keris, penyematan bintang, dan selendang. KASAD Dudung Abdurachman resmi dinobatkan sebagai Keluarga Kehormatan Kesultanan Bangkalan, bergelar Jenderal (TNI) Dr. H. Mas Panji Dudung Abdurachman Suryoadiningrat, SE., MM.

Pengangkatan Jenderal Dudung sebagai Anggota Keluarga Kehormatan Kesultanan Bangkalan berdasarkan hasil musyawarah Keluarga Kesultanan Bangkalan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (28/03/2023), bertempat di Sekretariat Yayasan Kesultanan Bangkalan. 

Jenderal Dudung pada kesempatan itu, menyampaikan terima kasih kepada Kesultanan Bangkalan yang telah memberikan suatu kepercayaan gelar kehormatan. Pengahrgaan ini menurutnya memiliki konsekuensi kepercayaan sebagai penjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Baik kepada saya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat, selaku pribadi, karena terkandung hikmah bahwa di situ sebagai pemimpin dan penjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ucap KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

"Saya harus mempertahankan kepercayaan ini, dan semoga apa yang kami terima ini menjadi berkah bagi saya selaku pribadi dan umumnya kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Darat (AD) di manapun bertugas dan berada. Kepercayaan ini harus mengandung konsekuensi bahwa kita sebagai penjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara," tegas Jenderal Dudung.

Hadir di acara ini, pejabat TNI, Polri, Forkopimda dan perwakilan dari empat Kabupaten yang ada di Madura, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Usai acara penobatan sebagai Anggota Keluarga Kehormatan Kesultanan Bangkalan. Jenderal Dudung melanjutkan lawatannya menuju Stadion Kerapan Sapi R.P Moh Noer, Bangkalan, untuk meresmikan pembukaan kompetisi kerapan sapi "Perang Bintang" yang memperebutkan piala KASAD CUP.