Makna Sayur Lodeh Di Balik Pertemuan Jokowi Dan Megawati

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai melantik pengurus Taruna Merah Putih Jawa Timur di Surabaya/ist
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai melantik pengurus Taruna Merah Putih Jawa Timur di Surabaya/ist

Ada makna mendalam dibalik pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Sabtu (18/3). Salah satunya adalah hidangan sayur lodeh yang disajikan saat acara tersebut.


"Dulu Bung Karno ketika mencoba di masa-masa konfrontasi fisik, Ibu Fatmawati sempat mengadakan lomba memasak untuk mencari siapa juru masak terbaik yang bisa memasak menghadirkan sayur lodeh,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Surabaya pada Minggu (19/3).

Dia mengatakan, sayur lodeh melambangkan filosofi tertentu bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah simbol ketika menghadapi tantangan dan berjuang untuk melewatinya.

Lantas, apa isi pertemuan tersebut? menurut Hasto pertemuan antara Presiden Jokowi dan Megawati itu memang terjadi secara berkala. Pertemuan itu sendiri berjalan sangat akrab dan membahas hal strategis yang menyangkut dinamika politik kedepan.

“Membahas hal-hal strategis, tak hanya terhadap problematika bangsa saat ini, dinamika politik saat ini, tapi juga arah bagi masa depan,” pungkasnya.