Motivasi Santriwati Darussalam Banyuwangi, Bupati Ipuk: Perempuan Harus Tangguh

Caption: Bupati Ipul memotivasi santri putri Darussalam Blokagung agar menjadi perempuan tangguh/Humas Pemkab Bwi
Caption: Bupati Ipul memotivasi santri putri Darussalam Blokagung agar menjadi perempuan tangguh/Humas Pemkab Bwi

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengajak para santriwati Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi menjadi para perempuan yang tangguh.


Hal itu dikatakan Ipuk saat bersilaturahmi ke Ponpes Darussalam Blokagung pada Minggu (2/4). Saat itu, Ipuk mendampingi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

Kedatangannya disambut jajaran masyayikh PP Darussalam, Blokagung yakni KH. Hisyam Syafaat, KH. Hasyim Syafaat, KH. Afif Jauhari Syafaat, KH. Abdul Kholiq Syafaat dan KH. Abdul Munib Syafaat. Tampak pula Nyai Hj. Handariyatul Masruroh.

“Menjadi perempuan hari ini harus tangguh. Harus siap menghadapi tantangan,” ungkap Ipuk menyapa santri putri usai tarawih, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (3/4).

Perempuan hari ini, kata dia, harus mampu berkiprah di ruang-ruang publik dengan menjalani profesi yang berdampak ke masyarakat.

Misalnya, seperti menjadi pegiat keagamaan, guru, dosen, pengusaha, politisi, seniman, pegiat olahraga, dan sebagainya. Untuk mencapainya, haruslah dilatih sedini mungkin.

“Beruntung kalian yang merasakan pendidikan di pesantren. Kalian telah sejak belia dilatih untuk mampu menjadi perempuan hebat. Dilatih mandiri dalam mengurus kebutuhan pribadi, sekaligus juga diasah sedemikian rupa kemampuan intelektualnya untuk berguna bagi bangsa dan agama,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, lanjutnya, menyiapkan sejumlah beasiswa pendidikan yang bisa diakses santri. Di antaranya ada Banyuwangi Cerdas, program yang berupa beasiswa untuk jenjang pendidikan strata satu.

Dalam silaturahmi itu berkunjung di ndalem kasepuhan PP Darussalam. KH Hisyam Syafaat juga mendoakan Ipuk agar diberikan kekuatan dalam menjalankan amanah. “Mugi-mugi amanah. Tambah manfaat barokah,” ungkap putra sulung KH Mukhtar Syafaat tersebut.

KH Abdul Munib Syafaat yang juga anggota DPRD Banyuwangi mengapresiasi kiprah Bupati Ipuk. Menurutnya, bupati perempuan kedua dalam sejarah Banyuwangi ini telah menunjukkan kinerja cukup baik.

“Semoga berbagai persoalan mendasar di Banyuwangi bisa semakin teratasi,” cetus Gus Munib.(adv)