Selama Ramadhan, MKGR Jatim Fokus Jalankan Agenda Sosial Kemanusiaan

Ketua MKGR Jatim, Kodrat Sunyoto/RMOLJatim
Ketua MKGR Jatim, Kodrat Sunyoto/RMOLJatim

Di Bulan Suci Ramadan 1444 H, Organisasi Masyarakat (Ormas) Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Jawa Timur, fokus mengadakan beberapa kegiatan sosial yang berorientasi terhadap kemanusiaan. Hal tersebut sesuai dengan pengamalan Panca Moral.


Ketua Ormas MKGR Jatim, Kodrat Sunyoto mengatakan, ada sejumlah kegiatan sosial kemanusiaan yang diadakan selama Bulan Suci Ramadan. Di antaranya, pembagian takjil setiap Senin-Selasa di masjid hingga pemberian santunan kepada adik-adik Panti Asuhan.

"Nanti kita juga akan mengunjungi ke pondok pesantren juga. Kita juga akan memberikan sedikit bingkisan kepada pedagang kaki lima, seperti biasanya," kata Kodrat Sunyoto usai kegiatan buka bersama jajaran pengurus MKGR dengan anak yatim piatu di Kantor DPRD Partai Golkar Jatim, Selasa (4/4/2023) malam.

Selain itu, Kodrat menyebut, Ormas MKGR juga berencana membagikan bingkisan kepada petugas kepolisian yang berjaga di Pos selama lebaran. Termasuk pula membagikan bingkisan kepada para seniman. "Jadi kegiatan-kegiatan orientasinya ke situ," ujarnya.

Ia menuturkan, setidaknya ada dua hal yang harus menjadi pegangan bagi seluruh kader Ormas MKGR di Jawa Timur. Pertama bahwa momentum Bulan Suci Ramadan ini adalah harus mawas diri.

"Kita harus merenungkan bagaimana iman dan takwa kita kepada Allah SWT. Untuk itu perlu adanya ditingkatkan seiring dengan usia yang bertambah," terangnya.

Kemudian kedua, kata dia, adalah wawasan. Dimana kader Ormas MKGR, harus juga bisa menelaah terhadap apa yang dilakukan di tahun depan. Karena kader ormas MKGR adalah sebagian besar anggotanya adalah politisi.

"Sehingga mereka sudah harus merenungkan untuk wawasan ke depannya di tahun 2024, yaitu pada saat Pileg (Pemilihan Legislatif) nanti," ucapnya.

"Sehingga diharapkan mereka tidak akan terulang kegagalan yang pernah terjadi dan harus ada upaya peningkatan di masa yang akan datang, termasuk di tahun 2024," lanjutnya.

Ketika ditanya berapa persentase kader Ormas MKGR yang akan masuk ke dalam Pileg tahun 2024, pihaknya menyatakan, bahwa target yang diharapkan tentu sebanyak-banyaknya. Apalagi, sebagian besar kader Ormas MKGR ada di jajaran pengurus Partai Golkar.

"Demikian pula di daerah, di daerah saya lihat juga kemarin calon-calon baru dari Ormas MKGR juga, kabupaten/kota. Sehingga target kita sebanyak-banyaknya. persentasenya ada sekitar 55-60 persen lebih," jelasnya.

Meski demikian, Kodrat Sunyoto menyebut, bahwa orientasi Ormas MKGR saat ini adalah bagaimana mengusung Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden (Capres) RI dalam Pilpres tahun 2024. Walaupun pihaknya juga tak menampik apabila nanti Partai Golkar harus berkoalisi dengan partai lain.

"Selama untuk kebaikan Partai Golkar, Ormas MKGR akan mendukung. Termasuk dari koalisi besar pun kalau memang itu untuk kebaikan koalisi Partai Golkar maka Ormas MKGR akan mendukung," tandasnya.