Jelang Arus Mudik Lebaran, DPRD Banyuwangi Minta Jalan Rusak dan LPJU Padam Segera Diperbaiki

Sekretaris Komisi IV DPRD Banyuwangi, Khusnan Abadi/RMOLJatim
Sekretaris Komisi IV DPRD Banyuwangi, Khusnan Abadi/RMOLJatim

Menjelang arus mudik Lebaran 2023, DPRD Banyuwangi meminta eksekutif segera memperbaiki jalan rusak dan Lampu Penerangan Jalan Umum atau LPJU.


Hal itu disampaikan Sekretaris Komisi IV DPRD Banyuwangi, Khusnan Abadi. Sebab, dua hal tersebut dapat mengganggu kelancaran aktivitas masyarakat menjelang arus mudik, lebih-lebih saat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Khusnan mencontohkan, seperti di ruas jalan Desa Sumbersari, Kecamatan Srono yang mengalami kerusakan cukup parah. Padahal, kata dia, pada Desember 2022 lalu, jalan tersebut baru diperbaiki.

“Mestinya Pemda melalui SKPD terkait melakukan langkah bagaimana masyarakat bisa menikmati lebaran dengan baik,” ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLjatim, Jumat (7/4).

Selain jalan rusak, fasilitas penerangan jalan umum yang padam praktis ketika malam hari kondisi jalan menjadi gelap. Hal ini juga masih menjadi keluhan masyarakat.

“Saya beberapa hari lalu pulang malam di wilayah Sumbersari, kendaraan padat, jalannya banyak yang berlobang diperparah dengan LPJU yang padam, sehingga kondisinya menjadi gelap, ini harus menjadi perhatian. Karena tahun ini sudah ada anggarannya,” ucapnya.

Untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan masyarakat jelang arus mudik atau saat lebaran nanti, pemerintah daerah harus segera bertindak. Karena setiap tahun telah dialokasikan anggaran lebih kurang Rp15 miliar untuk Satgas Jalan Berlubang.

“Agar masyarakat bisa menikmati lebaran dengan nyaman dengan fasilitas-fasilitas yang baik, sehingga ibadah Ramadannya dilakukan dengan khusyuk, Idul Fitrinya dirayakan dengan baik,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, Mujiono menyatakan, akan menindaklanjuti permintaan dewan tersebut. Saat ini 4 Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) DPU Cipta Karya PP di Kecamatan Genteng, Rogojampi, Banyuwangi Kota dan Bangorejo telah melaksanakan pekerjaan pemeliharaan jalan rutin, dengan target H-7 lebaran jalan-jalan antar kecamatan yang mengalami kerusakan ringan dapat teratasi.

“Kami telah menindaklanjuti permintaan dewan agar jalan-jalan yang mengalami kerusakan segera diperbaiki menjelang arus mudik lebaran,” ucap Mujiono.

Untuk pemeliharaan jalan yang mengalami kerusakan sedang dan berat, lanjutnya, masih dalam proses pengadaan melalui e-katalog dalam pekan ini, sehingga beberapa ruas jalan yang mengalami rusak parah dapat segera diperbaiki karena anggarannya sudah dialokasikan pada APBD tahun 2023 ini.

“Kegiatan-kegiatan pemeliharaan jalan yang sifatnya sedang atau berat, minggu ini sudah kita lakukan proses e-katalog, InsyaAllah beberapa titik seperti di Sumbersari tinggal dilaksanakan di pekan berikutnya,” jelasnya.

Pemkab juga akan memperbaiki LPJU yang padam, pemeliharaan ruang terbuka hijau termasuk juga soal penanganan sampah dan pengaturan pasar tumpah agar tidak mengganggu arus lalu lintas. (Adv)