Pemkab Gelar Festival Master Event Lamongan Ramadhan Megilan

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten Lamongan aktif dalam menyelenggarakan festival-festival kegiatan, mulai dari festival perekonomian, pendidikan, kebudayaan, kuliner, dan lainnya. Hal tersebut sebagai upaya dalam membangkitkan sekaligus mempertahankan geliat perekonomian di Kota Soto.


Dituturkan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, upaya bangkitkan perekonomian Lamongan melalui kegiatan festival dapat dilihat hasilnya melalui capaian indeks perekonomian Lamongan yang terus mengalami pertumbuhan yakni 5,56% pada tahun 2022 .

"Pemkab Lamongan melakukan koordinasi dengan seluruh OPD dan masyarakat untuk terus menggelar festival potensi Lamongan. Salah satunya ialah festival Ramadhan Megilan 2023 ini.

Tujuan utama kami ialah membangkitkan serta mempertahankan geliat perekonomian Lamongan melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung. Dampaknya dapat kita saksikan bersama dari meningkatnya indeks perekonomian Lamongan yang terus mengalami kenaikan," tutur orang nomor satu di Lamongan dikurip Kantor Berita RMOL jatim, Sabtu (8/4).

 Saat membuka kegiatan yang disebut sebagai master event di Lamongan yakni ramadhan megilan 2023, Jumat (7/4) di halaman gedung Lamongan Sport Center malam ini.

Diterangkan oleh Ketua Panita kegiatan ramadhan megilan 2023 yang juga merupakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan Siti Rubikah bahwa kegiatan tahunan di bulan ramadhan ini dapat dikatakan sebagai master event untuk membangkitkan geliat perekonomian di Lamongan karena melibatkan 40 pelaku UMKM Lamongan tampil selama 3 hari kedepan.

"Kegiatan rutinan yang digelar pada bulan ramadhan di Lamongan tahun ini kita gelar selama 3 hari kedepan. Kegiatan yang kita juluki sebagai master event perekonomian di Lamongan disemarakkan bersama 40 UMKM Lamongan yang turut tampil dengan produk unggulannya," terang Rubikah saat menyampaikan laporan.

Meskipun dijuluki master event perekonomian di Lamongan, ramadhan megilan 2023 tidak luput dari identitas khas bulan ramadhan. Yangmana tetap eksis semarakkan ramadhan di Lamongan dengan ragam kegiatan lomba mulai dari lomba patrol sahur yang mulai dilaksanakan hari ini oleh 25 regu dari seluruh kecamatan di Kabupaten Lamongan, lomba pildacil, dan akan ditutup dengan kegiatan ngaji bareng pada 9 April mendatang bersama Ulama kondang nyentrik Indonesia Gus Miftah dan menggemakan sholawat bersama  pelantun sholawat Syubbanul Muslimin dari Pondok Pesantren Nurul Qodim Kalikajar Paiton, Probolinggo Gus Azmi.